Komodifikasi Twitter

  1. 1.        Netizen
Sejak pertama kali ditemukan, pertumbuhan internet di dunia sangat berkembang pesat. Berdasarkan data dari Internetworldstats (IWS) pertumbuhan pengguna Internet di dunia dari tahun 1999 hingga 2009  meningkat sebesar 599%. Jumlah pengguna internet sendiri pada tahun 2011 menurut data badan telekomunikasi PBB Hamadoun Toure sudah mencapai 2 Milyar, dengan kata lain lebih dari sepertiga penduduk dunia sudah menggunakan internet di mana 57% penggunanya berasal dari negara berkembang, termasuk Indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Dua daerah di dunia dengan pertumbuhan online tercepat yaitu Arab, yang mencapai 88 juta dan negara bekas Uni Soviet Commonwealth of Independent States yaitu 127 juta pengguna. Indonesia sendiri jumlah pengguna internet menurut data Internetworldstats dari tahun 1999 hingga tahun 2009 meningkat hingga lebih dari 5000%. Bila dibandingkan dengan negara-negara di Asia, Indonesia menguasai 4,1% pengguna internet di Asia. Menurut data dari Plt Dirjen Postel Muhammad Budi Setiawan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) jumlah pengguna internet hingga 8 Juni 2011 adalah 45 juta jiwa, baik diakses melalui komputer maupun ponsel. Sedangkan survey terbaru yang dilakukan oleh MarkPlus Insight menyatakan bahwa penggunanya sudah mencapai 55 juta, atau 23% dari total penduduk Indonesia. Persebarannya sendiri berpusat di kota-kota besar sedangkan sisanya, yaitu sekitar 4,1% yang tersebar di rural area. Pesatnya pertumbuhan ini dipengaruhi oleh berkembangnya social media yang banyak diminati oleh para pengakses internet. Salah satu social media yang berkembang sangat pesat sejak ditemukan pertama kali adalah twitter yang akan dibahas pada karya tulis ini.
  1. 2.        Sejarah Twitter
Dimulai dengan pertanyaan sederhana “Whats Happening?” dan dijawab dengan ribuan jawaban yang terbatas dalam 140 karakter. Teknologi ini akhirnya membuat fenomena tersendiri dalam komunikasi dan akhirnya merubah cara manusia berkomunikasi termasuk dalam beriklan. Itulah Twitter. Twitter merupakan media sosial berbentuk microblogging. Berbeda dengan blog pendahulu lain seperti Blogger, WordPress dan Multiply, Twitter memiliki kapasitas 140 karakter. Twitter sendiri lahir di bawah nama Jack Dorsey. Usai tamat kuliah di University of Missouri, Jack Dorsey mengamati fenomena media sosial yang sedang naik daun adalah AOL Instant Messaging. Dari situ, ia terpikir untuk menyediakan layanan pengiriman pesan status di mana dia bisa memberi tahu semua orang apa yang sedang dia lakukan tanpa harus membuat cerita panjang semacam blog. Dari situ ia terpikir untuk memasukan teknologi sms ke dalam internet. Dengan bantuan finansial dari Evan Williams yang merupakan mantan eksekutif Google, Jack Dorsey dan Biz Stone membuat Twttr pada awal 2006 setelah lama brainstorming di Odeo.inc. Twttr diambil dari kata Flickr dan 5 karakter dalam sms di Amerika. Pesan pertama di Twttr dikeluarkan oleh Jack Dorsey tanggal 21 Maret 2006 berisi kalimat “Just Setting up my Twttr”. Di bulan yang sama muncul 100 private account dalam Twttr. Baru pada tanggal 31 Maret 2006 Twttr Beta diluncurkan bersamaan dengan hari ulang tahun Evan Williams. Tak lama kemudian yakni pada tanggal bulan Juni 2006, Twttr.com diperkenalkan ke publik[1]. Untuk kemudahan penyebutan, namanya dirubah menjadi Twitter di bawah Obvious Corp oleh Evan Williams, Jack Dorsey dan Biz Stone pada bulan Oktober 2006 dan nama itu terus bertahan sampai sekarang. Perhargaan pertama yang didapat oleh Twitter adalah dari Southwest (SXWS) Festival sebagai Festival Web Award bulan Maret 2007. Penghargaan di ajang bergengsi media sosial ini menarik perhatian media sosial influencers yang semakin mengangkat nama Twitter. Twitter terus berkembang menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Jack Dorsey sendiri menjadi CEO menggantikan Evan Williams pada bulan Oktober 2007[2]. Saat ini terdapat 250 juta tweets per hari[3] dengan akun mencapai 420 juta lebih[4]. Adapun gambaran demografis pengguna twitter secara di dunia antara lain
  • 46%  pengguna adalah laki-laki
  • 54%  pengguna adalah perempuan
  • 47%  pengguna sudah memiliki anak
  • 53%  pengguna mengaku belum memiliki anak
Untuk persebaran usia para pengguna twitter antara lain :
  • 41.5%  pengguna berusia 18 – 29 tahun
  • 42.3%  pengguna berusia 30 – 49 tahun
  • 13.7%  pengguna berusia 50 – 64 tahun
  • 2.6%  pengguna berusia 65 tahun ke atas
Selain itu, pada umumnya pengguna twitter adalah seorang wanita, berumur sekitar 20an tahun, sedang mengecap bangku kuliah, tinggal di kota, berpenghasilan kurang dari $30.000 atau $50.000-$70.000. Ada banyak alasan yang membuat seseorang mau mengikuti suatu account di twitter. Berdasarkan survey alasan utama menggunakan twitter adalah agar tetap dapat berhubungan dengan teman. Alasan kedua berbeda bagi wanita dan pria. Alasan kedua pria menggunakan twitter adalah untuk mencari informasi, sedang untuk wanita alasan keduanya adalah agar dapat mem-posting keaadaan/kondisi mereka (update status). Alasan lainnya berkaitan dengan brand. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Touch Agency, 43% orang mengikuti (follow) suatu brand karena ingin mendapat discount maupun penawaran spesial dari brand tersebut. 140 karakter Pengenalan 140 karakter sendiri baru muncul pada bulan Februari 2007[5]. Pembatasan ini sendiri membuat Twitter terlihat lebih menantang tweeps untuk berbicara seperlunya dan menghindari basa-basi. Bahkan pada saat ini, saat seseorang mengetik terlalu banyak akan muncul kata “sorry, you have to be more clever”.  Pembatasan ini juga membuat Twitter mendapatkan predikat The Shorty Award pada tahun 2008[6]. Penggunaan Twitter Indonesia merupakan negara ke tiga dengan jumlah pengguna twitter terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dan Brazil. Menurut data dari salingsilang.com 15% tweet di seluruh dunia berasal dari pengguna twitter di Indonesia yaitu sekitar 1,29 juta tweet per hari. Salingsilang.com juga menyatakan bahwa penyumbang tweets terbesar adalah daerah kota besar dengan tweets terbanyak Jakarta (16,33 %), Bandung (13,79%), Yogyakarta (11.05 %), Semarang (8,92 %), Surabaya (8,21 %), Malang (7,41 %), Medan (7,25 %), Bali (6,01 %), Riau (4,66 %) dan Palembang (3,62 %). Menurut data yang diakses pada tanggal 25 November 2011, account twitter dengan jumlah follower terbanyak di dunia antara lain
1.         @ladygaga                  16,322,305 2.         @justinbieber             14,815,603 3.         @katyperry                 12,409,333 4.         @KimKardashian        11.482.179 5.         @BarackObama         11.256.271 6.         @britneyspears           11.284.398 7.         @shakira                     10.681.521 8.         @taylorswift13           9.379.910 9.         @aplusk                      8.507.707 10.       @selenagomez           8.504.653
Sedangkan account twitter Indonesia dengan follower terbanyak pertanggal 25 November 2011, antara lain:
1.         @sherinamunaf          2.086.722 2.         @agnezmo                  1.764.039 3.         @vidialdiano               1.469.689 4.         @detikcom                  1.446.270 5.         @radityadika              1.388.046 6.         @pepatah                   1.387.434 7.         @IrfanBachdim10       1.297.010 8.         @poconggg                 1.243.842 9.         @afgansyah_reza       1.229.670 10.       @bepe20                     1,150,279
Cara menggunakan Twitter sebenarnya cukup sederhana, tinggal tulis kata-kata yang ada dalam kotak whats happening dengan maksimal 140 karakter dan tekan tombol tweet. Ada beberapa istilah dalam twitter, misalnya mention dengan lambang @ diikuti dengan nama akun untuk “memanggil” seseorang. Follow untuk menyertakan tiap tweet dalam timeline. Follower adalah orang yang mem-follow suatu akun. Kebalikannya adalah following yang merupakan orang yang di-follow. Pada awalnya, mungkin para pengguna baru Twitter tidak mengerti apa kelebihan dari twitter. Bahkan pada pertengahan 2008-2009 terdapat 60% yang berhenti menggunakan Twitter di bulan awal[7]. Hal ini dikarenakan dibutuhkan ketekunan di awal sebelum asyik memulai twitter. Terdapat empat langkah di dalamnya[8]:
  1. Ketidaktahuan sama sekali mengenai Twitter.
Pada tahap ini biasanya muncul pertanyaan-pertanyaan kenapa ada pembatasan karakter? Kenapa hal yang membosankan seperti ini banyak yang suka? Apa gunanya? dan sebagainya. Pada tahap ini bisa jadi seseorang tidak lagi menggunakan Twitter atau berlanjut ke tahap berikutnya. 2.Mencoba menikmati Twitter Pada tahap selanjutnya, setelah mem-follow beberapa orang, pemain baru akan mencoba menikmati Twitter dengan men-tweet kegiatan mereka atau quote-quote favorit. 3. Mengerti maksud kegunaan Twitter Semakin sering menggunakan #(tanda pagar) untuk membuat trending topic, mention dengan @ dan me-retweet. 4.Kecanduan Twitter Pada tahap akhir, seseorang mulai menjadikan Twitter sebagai bagian hidup sehari-hari dengan melakukan riset, menciptakan personal brand, membangun hubungan dan sebagainya. Perkembangan Teknologi Tak berhenti sampai situ, Twitter terus mengembangkan teknologinya untuk mempertahankan eksistensi di dunia media sosial. Misalnya Permalink dan RSS feeds yang mempermudah tweeps (sebutan untuk tweeps) dalam membagikan link yang disukainya di timeline (sebutan untuk list tweet orang-orang yang di-follow). Dari sisi pelayanan pelanggan, Twitter mengeluarkan blog pada bulan Mei 2008 untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh tweeps terutama berhubungan dengan penggunaan jasa Twitter. Fitur-fitur dalam Twitter juga ditambah dengan adanya Geolocation yang memberitahu lokasi saat sedang tweet, Reply to all untuk langsung membalas mention yang ada dalam satu tweet, Auto completion yang membantu tweeps untuk melengkapi mention, selain itu juga Who to follow (dulu Suggested User) untuk menyarankan siapa yang bisa di follow berdasarkan atas following mereka. Twitter juga bekerja sama dengan Blackberry, iPhone dan iPad untuk membuat aplikasi khusus Twitter di gadget-gadget tersebut. Tampilan homepage juga diperbarui secara berkala. Sedangkan tampilan dalam diganti dengan membuat foto dan video secara in-line yang di uji coba Juli 2010 dan digunakan sampai sekarang[9]. Dari segi keamanan, pada tanggal 7 Mei 2008, Twitter mulai memperhatikan akan adanya spamming dengan melakukan blacklisting kepada pada spammers[10]. Masalah keamanan lainnya adalah banyaknya hacking dalam Twitter yang puncaknya pada tanggal 5 Januari 2009 terdapat 33 akun Twitter di bajak, antara lain akun Barrack Obama dan Britney Spears[11]. Walaupun hacking terjadi bukan karena password yang mudah ditebak, untuk menghindari kasus serupa, selain dengan memperkuat jaringan dalam twitter, muncul pelarangan terhadap 370 kata yang dianggap mudah ditebak sebagai password. Dan kata-kata ini bertambah di bulan Juli 2011 menjadi 401 kata. Termasuk di dalamnya kata 123456 sebagai password yang paling sering digunakan[12]. Tweeps Twitter Kelebihan Kapasitas Banyaknya tweeps, terkadang membuat Twitter tersendat dan membuat Twitter error sesaat. Untuk mengisi kekosongan akibat error, Twitter menggunakan gambar paus yang ditarik oleh banyak burung yang dikenal sebagai fail whale. Fail whale mulai diperkenalkan pada bulan Mei 2008[13].
  1. 3.        Tools dan Aplikasi Third Party Twitter
Untuk berkicau melalui account twitter ada beberapa tools atau konten yang perlu diketahui manfaatnya, antara lain
  1. Laman Utama (Home)
Pada halaman utama (home) kita dapat melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita (account yang kita follow). 2.Profil Pada halaman ini semua orang dapat melihat profil atau data diri serta kicauan (tweet) yang sudah pernah dikirim-tampil dari account kita. 3.Pengikut (Follower) Pengikut (follower) adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan (tweet) seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama (home). 4.Ikutan (Following) Kebalikan dari pengikut (follower), ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan (tweet) yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama (home). 5.Gamitan (Mentions) Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara. 6.Favorit Kicauan (tweet) ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya. 7.Pesan Langsung (Direct Message) Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan. 8.Tagar (Hashtag) Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga 9.Senarai (List) Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan (following) mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow). 10.Topik Hangat (Trending Topic) Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Adapun beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses twitter selain melalui website resmi  twitter.com antara lain
  1. TweetDeck » http://www.tweetdeck.com
  2. DestroyTwitter » http://destroytwitter.com
  3. Seesmic » http://seesmic.com
  4. Twhirl » http://www.twhirl.org
  5. PeopleBrowsr » http://www.peoplebrowsr.com
  6. Blu » http://2010.thirteen23.com
  7. DigiTweet » http://www.digitweet.com
  8. Sobees » http://www.sobees.com
  9. Snitter » http://getsnitter.com
  10. A+ » http://www.aplus-app.com
  11. Twitterific,
  12. Tweetie, dll.
  13. Uber Twitter
  14. T. for Blackberry
  15. Echofon
  16. T. for Phone
  17. Keitai Web
  18. Twitbird
  19. Movatwitter
  20. Hootsuite
  21. Snaptu.com
  22. Tween
  23. Twidroid
  24. Mobile Tweete
Dari beberapa aplikasi di atas sebagian dari antaranya perlu di-download terlebih dahulu atau memerlukan software tambahan agar dapat diaplikasikan. Untuk Indonesia sendiri, aplikasi yang paling sering digunakan antara lain Uber Twitter, T. for Blackberry, Snaptu, Mobile Tweete, dan TweetDeck.
  1. 4.        Komersialisasi Twitter
Perkembangan Twitter yang demikian pesat tentunya dilirik oleh pihak bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari microblogging ini. Dalam salah satu konferensi persnya di bulan Mei 2009, Biz stone ditanya mengenai keberadaan web banner di Twitter, ia menjawab bahwa Twitter tidak membenci iklan, namun web banner dirasa kurang menarik baginya. Twitter akan memikirkan kemungkinan adanya penggunaan komersial yang menarik. Dimulai pada bulan Juni 2009, muncul rumor akan adanya rencana komersialisasi Twitter dengan mengeluarkan rencana ecommerce[14]. Dari iklannya, Twitter mendapatkan pendapatan $ 45juta di tahun 2010[15]. eMarketers sendiri memprediksikan Twitter akan mendapatkan $ 150juta di tahun 2011 dan $ 250juta di tahun 2012 dari pendapatan iklannya[16].
  1. 5.        Tweet Berbayar
Tweet berbayar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan paid to tweet merupakan suatu istilah bagi tweet yang mengandung konten promosi suatu brand tertentu. Biasanya, kalimat promosi tersebut dikeluarkan oleh seorang buzzer yang sesungguhnya tak peduli apakah mereka sebenarnya pengguna produk brand atau tidak. Buzzer menjadi media penyampaian pesan, mirip dengan adlips yang dilakukan penyiar radio. Namun tetap berbeda dengan iklan baris karena para buzzer menyampaikan pesan secara halus dan interaktif, dalam bentuk percakapan yang melibatkan interaksi dengan para followers. Akun Twitter yang dipilih untuk menjadi buzzer suatu brand atau perusahaan biasanya memiliki followers yang banyak, dengan asumsi tweet berisi pesan brand yang dikeluarkan oleh buzzer tersebut dapat muncul di timeline para followers-nya. Namun kemudian dari tweet tersebut muncul dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah tweet tersebut dibaca dan diberi respon positif, misalnya followers pada akhirnya membuka akun twitter brand atau perusahaan yang di-mention dalam tweet tersebut kemudian mem-follow-nya, sehingga followers tadi akan mendapatkan informasi langsung dari akun Twitter brand atau perusahaan tersebut. Kemungkinan kedua adalah tweet tersebut justru diabaikan. Diabaikannya sebuah tweet berbayar bisa disebabkan karena tweet tersebut terlalu sering dikeluarkan tanpa memperhatikan lingkungan yang terganggu oleh tweet tersebut. Oleh karena itu pemilihan buzzer harus diikuti pula dengan strategi komunikasi yang tepat, manajemen buzz, dan conversation monitoring, sehingga sebuah berita promosi dapat diterima dengan baik, tidak mengganggu, dan mencapai tujuan komunikasi yang diinginkan. Perlu diingat pula bahwa menilai efektivitas bukan dari berapa banyak jumlah tweet tapi berapa besar pengaruh tweet tersebut ke audiensnya. Berkaitan dengan pengaruh seorang buzzer yang diperhitungkan dalam efektivitas tweet berbayar, maka selain melihat jumlah followers, sebuah brand atau perusahaan juga harus memilih buzzer berdasarkan kekuatannya dalam mempengaruhi followers-nya. Orang-orang yang berpengaruh terhadap audiens atau followers biasanya disebut dengan key opinion leader atau atau influencer. Dalam sebuah jurnal yang berjudul Measuring User Influence in Twitter: The Million Follower Fallacy disebutkan bahwa influencer merupakan orang yang berkompetensi untuk mempersuasi orang lain. Cara melihat seseorang itu key opinion leader atau bukan adalah dengan mengamati apa yang mereka bicarakan di Twitter dan bagaimana pembicaraannya ditanggapi oleh rekan lainnya. Jika pembicaraannya positif dan diamini oleh pembaca lainnya, itu tandanya brand atau perusahaan menemukan seorang key opinion leader. Brand lalu bisa mengajak key opinion leader ini untuk diskusi lebih jauh untuk kerja sama lanjutan yang saling menguntungkan satu dengan lainnya. Jurnal mengenai Twitter di atas juga menyebutkan bahwa kepemilikan followers yang banyak tidak terlalu berpengaruh dalam tweet berbayar dibandingkan dengan keaktifan followers-nya.

Having a million followers does not always mean much in the Twitter world. Instead, it is more influential to have an active audience who retweets or mentions the user[17]

Seorang Twitter buzzer dapat menjalankan tweet berbayarnya dengan dua cara. Pertama, Twitter buzzer me-retweet tweet dari akun Twitter suatu brand atau perusahaan. Contohnya sebagai berikut: @Radityadika raditya dika                                                                                                      Sesama korban! Tos! RT @TucTime: Hueelloo @ImamDarto cekidot video yg lo dikerjain sama TUC Hunger Hunter kemarin ya!:D tinyurl.com/7ytzf4m Cara kedua adalah Twitter buzzer berpromosi dengan me-mention akun Twitter brand atau perusahaan tersebut. @Poconggg arief muhammad Ternyata @AcerID yang ngeluarin tablet PC baru hari ini. The #irREDsistable Iconia A101. Merahnya sadis.. Masing-masing cara digunakan sesuai dengan kesepakatan dua pihak terkait. Retweet merupakan cara yang tepat untuk memperkuat sebuah pesan yang ingin disampaikan, sedangkan mention dapat menciptakan percakapan. “Retweeting in a social network can serve as a powerful tool to reinforce a message. …Mention indicates ability to engage others in a conversation[18] Twitter buzzer di Indonesia Akun Twitter yang paling banyak dilirik brand atau perusahaan adalah @radityadika yang sampai tanggal 23 November 2011 followers-nya mencapai dengan 1.381.630 dan @Poconggg dengan 1.243.842 followers. Raditya Dika merupakan seorang blogger yang kisah-kisah konyol di blog-nya akhirnya dibukukan dalam judul Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Radikus Makan Kakus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, dan yang pada Desember nanti akan terbit berjudul  Manusia Setengah Salmon. Kemunculan buku-bukunya tersebut mendapatkan sambutan yang sangat positif dari penikmat buku di Indonesia karena isinya yang menghibur. Maka tidak heran jika kemudian akun Twitter-nya di-follow sejuta orang. Karena pada dasarnya Raditya Dika adalah orang yang konyol, maka pada timeline Twitter-nya pun ia seringkali melontarkan tweet konyol dan lucu yang mengundang respon dari followers-nya. @poconggg merupakan akun Twitter milik Arief Muhammad, seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Hal yang menarik dari akun ini adalah topik yang dibahas sangat responsif dengan apa yang sedang “happening” di lingkungan sekitar dan dibawakan dengan gaya penulisan tweet yang lucu dan melibatkan para followers-nya. Avatarnya berupa sosok pocong yang warna kain kafannya diganti-ganti sesuai dengan apa yang sedang “happening” tersebut. Contohnya ketika ada pertandingan Indonesia vs Iran,  @poconggg membungkus dirinya dengan bendera merah-putih. Menariknya lagi, dari awal kemunculannya, akun ini tidak menampakkan identitas asli si pemilik akun. Itulah yang membuat @poconggg menjadi menarik sekaligus misterius sehingga followers-nya banyak. Meskipun kedua akun Twitter tersebut tidak secara terang-terangan menyatakan diri sebagai buzzer, dalam satu minggu, mereka bisa meng-handle satu sampai dua brand untuk dipromosikan melalui Twitter. Satu minggu kemarin @poconggg setiap hari melontarkan tweet  yang di dalamnya terdapat akun produk shampoo Clear dan produk laptop Acer. Sedangkan Raditya Dika sedang aktif mempromosikan kudapan ringan Tuc dengan akun Twitternya @TucTime. Beberapa tweet mereka adalah sebagai berikut: @Poconggg arief muhammad Abis ngasih dukungan #ayoindonesiabisa di http://bit.ly/uKFwXR Asli keren nih @clearindonesia. Cobain aja @Poconggg arief muhammad Asli ngiler liat foto2 tablet PC #irREDsistable Iconia A101 @AcerID. Merahnya nyala gituuuu *siap2 ngepet* @Radityadika raditya dika Yang laper2 hati2 bakalan ada pasukan #pemadamkelaparan dr @TucTime. Hati2 kekenyangan..:p Selain dua akun dengan berjuta-juta followers di atas, ada juga seseorang yang memang mendeklarasikan diri sebagai Twitter buzzer, yaitu @ndorokakung. Seorang pria yang juga hobi menulis blog ini memiliki jumlah followers sebanyak 49.220. @ndorokakung sangat aktif mengkritisi isu-isu sosial, politik, dan kehidupan sehari-hari dengan gaya penulisan yang ringan dan asik. Bahkan Index Telecoms TweetLevel dari Edelman menyatakan bahwa akun Twitter @ndorokakung masuk dalam sepuluh pengguna jejaring sosial Twitter dengan tingkat pengaruh, populer, keterlibatan, dan kepercayaan tertinggi. Selain orang-orang yang disebutkan di atas, ada juga beberapa akun Twitter yang sering dijadikan media promosi suatu brand seperti @muhadlky, @mentionke, @soalbowbow,  @yeahmahasiswa, dan lain-lain. Penggunaan masing-masing Twitter buzzer tentu saja disesuaikan dengan karakter brand atau perusahaan dan juga target audiensnya. Harga bayar per tweet
@yeahmahasiswa :Rp150.000-Rp400.000 @landakgaul : Rp250.000 @popokman : Rp250.000 @shitlicious                 : Rp250.000 @benakribo                : Rp300.000 @solehsolihun : Rp400.000 @dennis :Rp400.000-500.000 @newsplatter : Rp500.000 @faktanyaadalah : Rp500.000 @mentionke : Rp700.000 @soalbowbow : Rp1.000.000 @muhadlky : Rp2.000.000 @poconggg  : Rp3.000.000

Followers banyak tidak menjadi patokan harga bayar seorang Twitter buzzer menjadi lebih mahal. Hal lain yang menjadi pertimbangan tentu saja seberapa menarik konten sehingga banyak orang yang mendengarkan, keterlibatan dengan followers dan tingkat kepercayaan followers terhadap konten.

Dalam prakteknya antar dalam dan luar negeri terdapat perbedaan dalam pembayaran tweet berbayar. Di Indonesia, para pengusaha bisnis berhubungan langsung dengan salah satu akun Twitter yang dituju berdasarkan alamat kontak yang biasanya ada di bio atau dengan melakukan direct messages. Alamat kontak sendiri biasanya berupa alamat e-mail. Sedangkan di Amerika ada agensi sendiri yang khusus menghubungkan pihak pengiklan dengan akun Twitter. Salah satunya adalah Ad.ly. berita yang mengejutkan Kim Kadarshian mendapatkan $10,000 sekali tweet melalui Ad.ly[19].

Ad.ly memiliki jaringan lebih dari 1.000 selebriti yang berpengaruh di media sosial. Ad.ly mencocokkan selebriti tersebut dengan brand atau perusahaan/ klien agar kampanye yang dilakukan dapat berhasil. Ad.ly juga telah mengembangkan jaringan melalui kombinasi hubungan pribadi dengan data mining untuk memastikan bahwa Ad.ly bekerja dengan selebriti yang secara konsisten dapat memberikan efisien dan hasil terukur bagi brand atau perusahaan.

 

Dalam melakukan tweet berbayar, Ad.ly melakukan 5 tahap, yaitu:

  1. 1.        Matching

Ad.ly mencocokkan selebriti dengan brand atau perusahaan seperti layaknya mencocokkan media beriklan dengan suatu brand. Kecocokkan itu didasarkan atas tujuan kampanye brand tersebut dan juga target audiensnya. Ad.ly menyediakan 10-15 selebriti yang memiliki kecocokan tinggi agar brand atau perusahaan tersebut dapat memilih salah satu selebriti yang paling cocok.

  1. Creative

Tweet dari selebriti haruslah terdengar berbeda dan “asli”. Untuk itu Ad.ly memiliki in-house copywriting yang sangat berkompeten untuk membuat copy tweet yang kreatif.

  1. Pricing

Ad.ly membayar selebriti per tweet yang besarnya disesuaikan dengan seberapa besar fans selebriti yang dalam hal ini adalah followers-nya, keterlibatan (engagement) antara selebriti dengan followers, dan image selebriti tersebut.

  1. Execution

Ad.ly memberikan all in one package, dari pemilihan selebriti sampai dengan pembuatan eksekusi tweet.

  1. Measurement

Brand atau perusahaan tinggal membayar $50,000 untuk melihat bagaimana selebriti dan pesan tersampaikan dengan baik.

  1. 6.        Promoted Tweets

Pada bulan April 2010, platform iklan pertama dalam Twitter muncul dengan adanya promoted tweets. Promoted tweets pertama adalah dari Advertising Age yang menghabiskan biaya $120,000 per hari[20]. Promoted tweets muncul di bagian atas timeline saat sedang mencari kata kunci tertentu. Sehingga diharapkan iklan tepat sasaran. Di bawah promoted tweets tetap ada tulisan kecil “sponsored messages” untuk memberitahu tweeps.

Untuk menjaga agar pesan dalam iklan tetap sampai hanya ada satu promoted tweets untuk satu kali pencarian, pihak Twitter juga akan memberitahukan kepada pihak pengiklan apabila kata kunci yang diberikan tidak menjangkau tweeps. Pembayaran dilakukan dengan “cost per thousands view” di mana pihak pengiklan membayar sesuai dengan berapa kali iklan terlihat oleh tweeps. Beberapa pihak pengiklan yang pernah muncul di promoted tweets adalah Bestbuy, Virgin America, Starbucks dan Bravo[21].

Promoted Trends

Promoted trends muncul pada bulan Juni 2010 dengan klien pertama Disney Pixar dan Toy Story 3[22].

Promoted Accounts

Pada bulan oktober 2010 muncul promoted accounts di kolom suggestion for you. Akun yang pertama kali melakukannya adalah @xbox[23].

  1. 7.        Efek kehadiran Twitter

Sebagai salah satu media baru, twitter telah menciptakan banyak sekali manfaat bagi penggunanya dalam berinteraksi satu sama lain. Dengan hanya beberapa menit atau bahkan detik kita mengetik di kolom yang berkapasitas 140 karakter dan mengklik share, followers yang entah di penjuru dunia manapun akan mengetahuinya dengan cepat. Hal ini terasa menguntungkan dibandingkan menelpon atau melakukan sms yang tentu saja memakan pulsa.

Namun dewasa ini penggunaan twitter tidak hanya terpaku pada fungsi awalnya sebagai media komunikasi sosial. Berbagai efek telah ditimbulkan oleh kemunculan media sosial ini. Di luar kotaknya sebagai sarana komunikasi, twitter telah menjelma sebagai sarana yang sangat multifungsi. Ia mampu bertindak sebagai media pemasaran, bahkan yang sekarang lebih sering terjadi yaitu media pencitraan diri ataupun kelompok.

Penulis mengelompokkan efek-efek dari lahirnya media sosial menjadi empat poin, yakni;

1.         Public sphere,

2.         Jual beli,

3.         Pencitraan,

4.         Pengaruh 140 karakter,

dan sebagai berikut penjelasannya:

1.         Public Sphere

Pada komunikasi interpersonal di kehidupan kita sehari-hari sangat mungkin sekali terjadi psychological barrier saat dilakukan percakapan tatap muka. Jangankan tatap muka, percakapan melalui telepon pun kadang masih terasa kaku. Hal ini mungkin disebabkan karena kita segan berbicara dan berpendapat karena terdapat rasa segan pada orang yang diajak bicara karena posisi atau kedudukannya lebih tinggi dari kita. Keseganan itu mengakibatkan kita terlalu takut apabila kata-kata yang kita keluarkan saat melakukan percakapan ternyata salah dan tidak pantas di telinga si lawan bicara.

Kemudian twitter datang sebagai penyelamat. Dibandingkan berbicara secara langsung ataupun melalui telepon, frekuensi grogi seseorang akan lebih terkikis bila menggunakan media sosial untuk menyampaikan suatu hal.

Melalui twitter semua orang memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya tanpa rasa takut salah. Sebelum men-tweet sesuatu, seseorang mempunyai kesempatan untuk meyakinkan dirinya sendiri apakah ia akan men-tweet hal itu atau tidak. Berbeda dengan berbicara secara langsung yang memiliki kemungkinan terjadinya salah ucap ataupun salah maksud dan cenderung sulit terkontrol secara emosional.

Dengan menyampaikan pendapat, bukan tidak mungkin tweet dari seseorang akan mampu mempersuasi banyak orang yang mem-follow-nya. Bahkan bukan hanya itu saja. Jika si follower kemudian melakukan retweet terhadap tweet tersebut maka lebih banyak lagi yang akan mengetahui pendapatnya dan bahkan mungkin ikut terpersuasi. Hal ini berlangsung secara berkesinambungan bila terus ada yang melakukan retweet.

Bahkan yang sering terjadi adalah orang-orang yang tidak begitu vokal, bahkan tidak akan didengar pendapatnya bila berbicara di dunia nyata, mampu menjadi sangat vokal dan mencerahkan di tengah timeline twitter.

2.         Jual beli

Bila diperhatikan di beberapa iklan akhir-akhir ini, baik print maupun television commercial, kita akan menemukan akun twitter dari produk yang diiklankan tersebut (biasanya ditemani facebook page-nya juga). Ini telah membuka mata kita bahwa dewasa ini selain melalui media konvensional, pemasaran suatu produk haruslah juga memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter.

Melihat teknologi yang terus berkembang, dalam hal ini internet, seorang pemasar yang bijak tidak akan melewatkan media baru ini sebagai salah satu unsur Integrated Marketing Communication dalam penjualan produknya. Apalagi mempertimbangkan masyarakat Indonesia yang selalu ingin mencoba hal baru dan sangat mengikuti hal-hal yang sedang terjadi di dunia, media sosial seperti twitter merupakan ladang emas untuk meraih awareness dari target audiens yang disasar.

Berikut ini beberapa tujuan dan alasan suatu perusahaan memakai Twitter sebagai salah satu sarana pemasarannya:

•          Komunikasi dengan pelanggan

Twitter memungkinkan seseorang untuk dapat melakukan komunikasi head to head dengan orang lain langsung dalam waktu yang singkat dan sama sekali tidak mengenal jarak. Topik pembicaraan yang bisa diangkat juga sangat luas, mulai dari menangani masalah sampai tanya jawab program terbaru yang ingin dilakukan produk.

•          Promosi

Hal ini adalah hal yang paling tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan pemasaran perusahaan. Setiap kegiatan perusahaan hampir pasti berujung pada revenue. Sebagai media sosial yang tidak membutuhkan biaya (hanya butuh sambungan internet), melalui twitter perusahaan bisa menghemat sangat banyak pengeluaran untuk promosi ke banyak orang dengan budget yang sangat minim.

•          Memantau pasar

Melalui twitter pemasar dapat memantau kegiatan dan sesuatu apa yang sedang happening di kalangan konsumen mereka. Sehingga jika perusahaan ingin merencanakan suatu kegiatan dan inovasi dapat menetapkan patokan pada topik apa yang sedang hangat-hangatnya dibahas oleh para konsumen mereka di twitter.

•          Loyalitas konsumen

Tidak hanya meraih awareness dan menggaet konsumen baru saja yang dapat dilakukan melalui twitter suatu produk. Konsumen yang telah menggunakan produk tersebut sejak awal tentunya juga harus dipertahankan loyalitasnya. Misalnya dengan mengadakan kuis dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tertentu lewat tweet yang menggunakan hashtag tertentu. Pemenang dari kuis tersebut selanjutnya di-publish dan diberikan hadiah yang dijanjikan. Kuis seperti ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat konsumen bangga dan senang dalam memakai suatu produk. Dari rasa bangga dan senang itulah kita mampu mencuri loyalitas mereka ke depannya.

3.         Pencitraan

Twitter mungkin memang hanya menyajikan biodata dan pendapat-pendapat kita di dunia semu. Tapi kata siapa juga hal-hal tersebut tidak mampu menciptakan persepsi orang lain terhadap kita? Dengan memulai menggunakan suatu media sosial, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap gerak-gerik kita dapat dibaca oleh pengguna lainnya.Sengaja maupun tidak, setiap tindakan dan pendapat kita di twitter menjadi boomerang bagi diri sendiri. Misalnya sebagai balasan orang dengan pencitraan baik akan memperkaya jumlah follower. Jumlah follower yang banyak sendiri akhir-akhir ini juga terkadang dianggap sebagai nilai tambah seseorang di mana dengan hal itu ia dapat dikatakan sebagai seseorang yang cukup eksis.

Melakukan pencitraan bisa diartikan sebagai pembangunan image positif. Strategi-strategi pencitraan yang secara expert biasa dilakukan oleh opinion leader di kalangan twitter ini kini juga bisa dipelajari oleh kita.

Sebagai media yang berfungsi awal melakukan komunikasi melalui pengiriman tweet, twitter tidak begitu saja terpaku pada kata demi kata yang kita ketik dan bagikan. Seperti halnya di dunia nyata, orang-orang tidak hanya akan menilai kita dari ucapan semata namun juga perilaku kita. Mungkin pada media twitter kekuatan kata-kata memang sebegitu kuat, namun kita juga tidak dapat melupakan poin-poin lain seperti misalnya avatar dan biodata.

Untuk lebih fokus, penulis akan membahas satu-persatu.

•          Avatar

Mungkin sederhana, tapi tidak dapat dinyana bahwa twitter dengan avatar yang masih kosong agak mengganggu pengguna yang mengunjungi profil twitter seseorang. Bahkan jika tujuan awalnya ingin mem-follow, mungkin bisa tidak jadi. Peng-upload-an avatar adalah langkah paling pertama yang mampu menggiring persepsi pengguna lainnya kepada image yang ingin kita bangun. Jika bahkan untuk meng-upload-nya saja kita malas, bagaimana cara kita memberitahu pengguna twitter tentang bagaimana kita, paling tidak secara visual dulu. Mengenai foto apa yang harus kita pilih sebagai avatar tentunya akan kembali kepada image seperti apa yang ingin kita citrakan di hadapan pengguna yang kita inginkan untuk mem-follow kita.

Pemasangan avatar agaknya harus dilakukan dengan pemikiran yang matang terlebih dahulu apabila ingin melakukan pencitraan. Perilaku seseorang yang mengganti avatar terlalu sering bisa sangat mengganggu follower-nya (bahkan mungkin berakibat unfollow). Memasang avatar yang berbeda-beda setiap waktu akan menyulitkan para follower untuk mengingat kita. Bila hal-hal yang kita tweet dapat mempengaruhi banyak orang namun mereka tidak ingat siapa kita, pencitraan yang dilakukan akan jadi sia-sia belaka. Avatar yang dikenakan di twitter sangat penting bagi pencitraan yang diinginkan dan reputasi yang dibangun.

•          Biodata

Untuk membuat orang lain tertarik untuk memfollow kita, biodata merupakan salah satu media yang cukup vital dan bisa digunakan sebagai pencitraan. Biodata yang agak alay seperti ‘Mencoba melihat dunia lebih dalam’ terasa kurang begitu menarik dan membuat orang yang membacanya mengurungkan niat untuk memfollow kita. Posisi biodata dalam twitter seperti headline di Koran sehingga menjadi tujuan pertama mata yang membaca. Sama halnya dengan berita di Koran, headline yang menarik akan membuat pembacanya tertarik pula untuk membaca lebih lanjut. Dalam twitter hal tersebut dilakukan dengan memfollow orang yang bersangkutan.

Yang dilihat orang pertama kali saat membuka profil twitter seseorang bukanlah tweet-nya dahulu tapi foto dan keterangan yang ada. Kita hanya memiliki kesempatan beberapa detik saja untuk menciptakan kesan pertama melalui avatar dan keterangan di profil tersebut. Semuanya terserah pada kita, kesan pertama apa yang ingin diciptakan? Selanjutnya adalah keputusan si pengamat apakah akan mengklik tombol follow atau tidak.

Yang sebaiknya ditampilkan pada biodata mungkin memang insight diri kita yang menarik. Namun jika kemungkinan terburuk kita tidak dapat menemukan hal yang menarik, kita dapat menuliskan hal-hal yang kita sukai atau jadi inspirasi. Atau bisa juga menuliskan apa yang kita lakukan, misalnya ‘Student of Economy UI 09’. Paling tidak biodata itu dapat membanttu orang-orang untuk tahu dengan siapa mereka sedang berinteraksi.

•          Tweets

Setelah berbasa-basi dan membangun pencitraan awal melalui avatar dan biodata, tidak bisa dipungkiri bahwa yang jadi tujuan sebenarnya twitter adalah kata-kata yang kita share atau yang lebih disebut tweet itu sendiri.

Melalui tweet, banyak hal simpel yang berarti besar yang dapat mempengaruhi persepsi pembaca timeline tentang diri kita. Bahkan sesimpel menginformasikan keberadaan kita dapat membuat para follower menimbang-nimbang orang seperti apa kita.

Lebih kepada jika ingin membangun image positif, seseorang perlu menciptakan tweet yang sekiranya dibutuhkan oleh followernya, seperti hal-hal inspiratif dan informatif tertentu.

Seorang pengguna twitter sangat mungkin untuk melakukan dan menyatakan apa saja yang diinginkan. Tetapi jika yang disampaikan merupakan hal yang terlalu pribadi, sudah tentu para follower sendiri merasa tidak nyaman.Hanya menulis tweet untuk diri sendiri, seperti perasaan sedih atau galau, tentu tidak akan membuat citra diri seseorang menarik di mata para follower. Karena meskipun seseorang memfollow kita, tidak berarti bahwa ia ingin mengetahui setiap gerak-gerik kita. Tidak semua orang peduli tentang kehidupan kita.

Tidak hanya tweet yang informatif dan inspiratif yang bisa digunakan untuk pencitraan, tetapi juga mention pada orang-orang tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan follower dengan cara interaksi. Respect dari para follower juga merupakan nilai tambah yang perlu diperhatikan dalam sebuah pencitraan di twitter selain isi tweet yang tentunya harus berkualitas.

4.         Konten 140 karakter

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa kapasitas karakter yang dapat kita gunakan di twitter adalah sejumlah 140. Mengapa tidak lebih atau tidak kurang dari itu. Jumlah karakter ini memiliki asal usul sendiri. Bermula dari jumlah 160 karakter dalam sms di telepon genggam, twitter yang mengutamakan fitur mobile dalam layanannya berusaha mengadaptasi jumlah karakter dalam SMS.

Para pendiri twitter tidak ingin tweet yang muncul akan terpotong menjadi beberapa bagian seperti layaknya SMS yang terpotong jika ditulis lebih dari 160 karakter. Akhirnya mereka memutuskan untuk memilih 140 karakter saja dan menyisakan 20 karakter untuk username. Dengan cara ini, orang yang menerima tweet melalui SMS akan mendapatkan satu SMS tanpa terpotong.

Pada dasarnya sebenarnya para pengguna twitter mampu mematuhi peraturan 140 karakter dengan menggunakan kata-kata pendek dan berusaha menyampaikan ide dengan padat dan singkat.  Hal ini sebenarnya cukup efektif sebagai sarana berlatih untuk menulis sesuatu langsung kepada intinya.

Namun masalahnya timbul ketika seseorang ingin men-share sesuatu yang jumlah karakternya lebih dari 140. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang sedang melakukan pencitraan melalui tweet-tweet yang inspiratif. Meskipun sekarang ini tersedia banyak layanan untuk memperpanjang tweet dengan menambah link otomatis di akhir tweet, sebagian pengguna kurang menyukai layanan ini karena tweet tersebut terpotong dan mereka harus membuka browser untuk membacanya.

Sebagai pengaruhnya, ada dua cara yang biasa digunakan orang-orang yang ingin membagikan hal-hal yang tidak dapat dideskripsikan hanya dengan 140 karakter.

Yang pertama adalah merangkum hal tersebut ke dalam dua tweet atau lebih. Cara ini dianggap sebagai cara yang paling mudah. Tetapi kita tidak boleh melupakan bahwa yang bergulir di timeline seorang pengguna twitter bukan hanya tweet dari kita. Setiap waktu timeline pasti bergulir dengan orang-orang yang berbeda, ratusan bahkan ribuan, tergantung jumlah following seseorang. Hal ini memungkinkan tweet bersambung kita akan disalip oleh tweet orang lain sehingga sulit bagi follower kita untuk menarik hubungan antara tweet yang pertama dan selanjutnya.

Cara kedua adalah dengan menuliskan inspirasi tersebut melalui blog dan mencantumkan link blognya melalui tweet. Tentunya bukan hanya link saja yang sebaiknya ditaruh di tweet tersebut, tapi juga judul yang menarik sehingga membuat follower ingin membukanya dan kemudian membaca informasi dalam blog tersebut.

  1. 8.        Komodifikasi dalam Twitter

Pada dasarnya, Twitter berfungsi sebagai public sphere di mana masing-masing individu dengan bebas bisa saling berdikusi dan “berkicau” sesuai dengan self concept dan lifestyle-nya masing-masing. Oleh karena itulah di dalam twitter, individu bisa men-follow atau mengikuti timeline status dari tokoh, orang, atau kelompok yang mereka anggap sebagai positive reference group bagi mereka. Semakin tokoh, orang, atau kelompok tersebut benar-benar mencerminkan jati diri para follower-nya, follower tersebut cenderung memberi saran bagi temannya yang mempunyai self concept yang sama untuk men-follow tokoh, orang, atau kelompok tersebut.

Selain itu, retweet (memberitakan kembali isi tweet) dari apa yang kita follow akan muncul di halaman home twitter sehingga para follower kita bisa melihat retweet tersebut dan siapa tahu mereka tertarik juga untuk men-follow akun tersebut. Efeknya adalah, jumlah follower dari akun tokoh, orang, atau kelompok yang kita follow akan meningkat tajam. Besarnya jumlah follower yang didapat oleh suatu akun, membuat admin dari akun tersebut melihat potensi lain yang mengarah ke sisi komersil di mana mereka melihat banyak sekali perusahaan komersil yang susah payah bahkan gagal membangun follower yang besar. Dengan kata lain, para admin dari akun tokoh atau kelompok terkenal melihat besarnya jumlah follower yang dimiliki sebagai “aji mumpung” untuk menambah “pemasukan” mereka. Dari sinilah komodifikasi di dalam twitter pun dimulai di mana komodifikasi tersebut dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. Komodifikasi Konten

Pada awal mulanya, sebuah akun twitter mempunyai use value atau nilai guna di mana para user bisa mengekspresikan self concept nya secara penuh lewat “gaya” posting-an tweet-nya sepanjang maksimal 140 kata. Seiring berjalannya waktu, banyak orang lain yang “setipe” dengannya, men-follow akun twitter-nya. Alhasil, follower pun bertambah sangat banyak. Banyaknya follower, membuat baik para admin maupun pengiklan melihat sisi potensial untuk melakukan pemasaran yang cenderung terselubung atau istilah populernya adalah tweet berbayar. Alhasil, konten dari akun twitter tersebut yang tadinya mempunyai use value atau nilai guna, kini mempunyai nilai tukar (exchange value) dimana konten dari akun twitter tersebut diperjual-belikan oleh sang admin ke pengiklan yang produk atau jasanya cocok dengan konten twitter miliknya.

Salah satu contohnya adalah akun @poconggg. Akun yang belakangan ini terbongkar dimiliki oleh Arief Muhammad adalah akun yang pada awalnya berisi humor-humor mistis, anekdot kehidupan anak kuliah, dan percintaan. Jumlah follower yang besar hingga mencapai 1,244,038 membuat Arief melihat ada potensi untuk menjadikan akunnya sebagai wadah promosi bagi berbagai brand dengan bayaran per satu tweet promosi. Belakangan ini, banyak sekali tweet promosi yang “menyelip” di antara tweet-tweet

Bayaran yang diterima dari setiap tweet promosi yang di-post pun bisa dibilang sangatlah tinggi. Di Amerika, artis Whitney Port, Kim Kadarshian, dan Audrina Patridge mendapatkan bayaran per tweet $10.000 dari Nestle dan Sony. Selain itu pembayaran termahal diterima oleh Britney Spears dan Jay-z dimana mereka mendapatkan $20. per tweet[24]. Sungguh angka yang fantastis.

Komoditas

Perkembangan Twitter yang demikian pesat tentunya dilirik oleh pihak bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari microblogging ini. Dalam salah satu konferensi persnya di bulan Mei 2009, Biz stone ditanya mengenai keberadaan web banner di Twitter, ia menjawab bahwa Twitter tidak membenci iklan, namun web banner dirasa kurang menarik baginya. Twitter akan memikirkan kemungkinan adanya penggunaan komersial yang menarik. Dimulai pada bulan Juni 2009, muncul rumor akan adanya rencana komersialisasi Twitter dengan mengeluarkan rencana ecommerce[25]. Dari iklannya, Twitter mendapatkan pendapatan $45juta tahun 2010[26]. eMarketers sendiri memprediksikan Twitter akan mendapatkan $150juta  di tahun 2011 dan $250juta dollar di tahun 2012 dari pendapatan iklannya[27].

Firehouse

Aset terbesar yang dimiliki Twitter adalah data tweet semua pelanggannya, otak bisnis Twitter dimulai dengan membuka akses penuh isi tweet yang diberi nama firehouse kepada Google dan Bing pada bulan Oktober 2009,. Masing-masing mendapatkan harga $15juta dollar dan $10juta dollar. Selain itu pihak Twitter diuntungkan dengan kerjasama public tweets dalam mesin pencari google serta standalone pencari tweets di Bing. Selanjutnya firehouse ini dijual secara umum kepada para starts ups dengan harga yang tak diketahui[28].

  1. Komodifikasi Audience

Kalau di televise, audience dikomodifikasikan lewat jual-beli rating, di twitter, Audience dikomodifikasikan  lewat  jual-beli profil dan jumlah follower. Para admin, sebelum menerima pesan sponsor di akun twitter-nya, pastinya akan membuat profil follower-nya, yakni lewat segmentasi demografis, psikografis, behavioural, dan lifestyle. Dari mana sang admin tau setiap detail informasi followernya ? jawabannya adalah dari hashtag. Biasanya sang admin suatu akun melempar pertanyaan disertai dengan hashtag untuk mengetahui profil follower-nya lebih dalam. Hashtag ini memudahkan sang admin dalam melakukan pencarian dan penyusunan profil follower. Setelah selesai, konten, besarnya follower, beserta profilnya diperjual-belikan oleh admin ke pengiklan.

Jual-Beli Akun Twitter

Berdasarkan data yang dilansir oleh Marketers, jual beli akun Twitter marak terjadi akhir-akhir ini. Sebuah akun yang memiliki follower asli sebanyak 125.000 follower dihargai Rp 50.000.000.

2.Komodifikasi Buruh

Dalam kasus akun @poconggg yang dimiliki oleh Arief Muhammad ataupun akun beberapa artis di atas, pada dasarnya ia seharusnya hanya men-post tweet yang benar-benar murni berasal dari ekspresi dirinya. Tapi pada perkembangannya ia juga memberikan informasi tentang pemasaran terselubung yang belum tentu produk atau jasanya ia sukai.


[1] Http://www.website-monitoring.com/blog/2010/05/04/Twitter-facts-and-figures-history-statistics/ (22 November 2011)
[2] Http://www.website-monitoring.com/blog/2010/05/04/Twitter-facts-and-figures-history-statistics/ (22 November 2011)
[3] http://the-marketeers.com/archives/twitter-hasilkan-250-juta-tweet-hari.html (25 November 2011)
[4] http://twopcharts.com/twitter400million.php?source=nl (25 November 2011)
[5] Http://www.website-monitoring.com/blog/2010/05/04/Twitter-facts-and-figures-history-statistics/ (22 November 2011)
[6] Http://www.problogger.net/archives/2011/06/02/is-Twitter-a-waste-of-time/ (22 November 2011)
[7] http://mashable.com/2009/04/28/twitter-quitters/ (24 November 2011)
[8] http://www.andfaraway.net/blog/2010/06/21/the-four-stages-of-getting-twitter/ (22 November 2011)
[9] http://zubeta.com/beta/infographic-a-year-of-twitter-2010/ (24 November 2011)
[10] Http://www.website-monitoring.com/blog/2010/05/04/Twitter-facts-and-figures-history-statistics/ (22 November 2011)
[11] http://techcrunch.com/2009/01/05/twitter-gets-hacked-badly/ (25 November 2011)
[12] http://www.bitrebels.com/social/twacked-when-good-twitter-accounts-go-bad-infographic/ (25 November 2011)
[13] Http://www.techcrunch.com/2011/07/16/following-Twitter/ (22 November 2011)
[14] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[15] Http://www.sosialmediasonar.com/Twitter-infographic(22 November 2011)
[16] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[17] Cha, Meeyoung, et.al. 2010. Measuring User Influence in Twitter: The Million Follower Fallacy. ——-: Association for the Advancement of Artificial Intelligence.
[18] Op.cit
[19] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[20] Infografik dari mashable.com “A Visual History of Twitter”
[21] http://www.twitip.com/the-history-of-Twitters-valuation-infographic/ (22 November 2011)
[22] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[23] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[24] http://www.popeater.com/2010/01/05/celebrity-tweets-twitter/. Diakses tanggal 23 November 2011 pukul 18.00 WIB
[25] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[26] Http://www.sosialmediasonar.com/Twitter-infographic(22 November 2011)
[27] Http://www.mashable.com/2011/05/26/Twitter-advertising-infographic/ (22 November 2011)
[28] Infografik dari mashable.com “A Visual History of Twitter”
This entry was posted in Industri Kreatif Media. Bookmark the permalink.