7 Inovasi Teknologi Buatan Indonesia Lawan Corona – Virus Corona hingga saat ini masih menjadi momok di berbagai negara di dunia. Pemerintah, para ahli, serta masyarakat pun melakukan berbagai hal dan menciptakan inovasi baru guna melawan virus yang penyebarannya sangat cepat itu. Indonesia juga termasuk negara yang telah melakukan inovasi terhadap teknologi untuk melawan virus covid-19.

Di Indonesia sendiri sudah ada 7 produk teknologi yang telah mendapatkan inovasi untuk melawan virus Corona. Produk teknologi tersebut memakan anggaran sebesar 25 miliar rupiah. Lima belas miliar berasal dari dana APBN BPPT, sedangkan sisanya, sepuluh miliar berasal dari dana Gerakan Indonesia Pasti Bisa.

Berikut 7 inovasi buatan Indonesia tersebut:

Rapid Detection Test (RDT) Covid-19

Rapid Detection Test Covid-19 atau disebut dengan RDT Kit terdiri atas 2 perangkat, yaitu RDT Kit antigen micro-chip dan RDT Kit antibodi IgG/IgM.

RDT antibodi bisa mendeteksi keberadaan virus Corona secara cepat dalam waktu 5-10 menit saja. Caranya yaitu dengan meneteskan serum atau darah pada alat RDT tersebut. Teknologi buatan Indonesia ini memiliki keunggulan seperti praktis untuk bdiaplikasikan, tanpa alat, di mana saja, spesifik, dan cepat S4.

PCR Test Kit

Alat test PCR dirancang untuk memenuhi target gen deteksi SARS-CoV-2 di Indonesia. Dengan menggunakan sistem terbuka, alat ini memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap SARS-CoV-2 sehingga dapat dipakai di sejumlah alat RT-PCR.

Penggunaan AI untuk Penanganan Covid-19

Alat ini memiliki prinsip kerja berdasarkan data CT-Scan dan X-ray dari pasien positif maupun negatif Corona. Keunggulan AI di antaranya yaitu mudah digunakan, cepat, relatif murah, dapat membantu dokter dan radiolog untuk memutuskan diagnosis virus Corona.

Whole Genome Sequencing (WGS) Covid-19

Whole Genome Sequencing (WGS) bisa membagi karakterisasi covid-19 secara spesifik di negeri ini. Tak hanya itu, https://usdgadget.com/ ini juga digunakan untuk mengevaluasi dan memonitor covid-19. Alat ini juga bisa menentukan kecepatan virus dalam beradaptasi ketika menyebar di negara berkembang ini.

Selain itu, WGS juga bisa memprediksi ancaman wabah pandemi selanjutnya. WGS pertama asal Indonesia yang berkontribusi dalam tingkat nasional dan internasional internasional adalah WGS Sars-Cov-2 asal Indonesia.

Emergency Ventilator

Alat ini berfungsi untuk membantu pasien yang terinfeksi covid-19 dengan gejala gangguan pernapasan. Emergency Ventilator mengadopsi rancangan open source yang telah dikembangkan lebih dulu di Eropa dengan komponen dan meterial yang tersedia di pasar Indonesia.

Alat ini menggunakan pemompa oksigen atau ambu bag. Ambu bag dipompa dengan menggunakan motor listrik secara otomatis.

Aplikasi Covid Track

Teknologi buatan Indonesia yang satu ini berfungsi untuk merekam jejak pasien, apakah telah terdata sebelumnya atau tidak. Jika data menginformasikan bahwa pasien adalah PDP atau konfirmasi positif, maka aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada dokter agar segera bertindak preventif.

Mobile Lab BSL-2

Mobile Lab BSL-2 adalah sebuah laboratorium yang didesain secara mobile. Inovasi ini dibangun di atas kontainer dengan harapan dapat dikirim ke setiap daerah agar bisa memudahkan uji PCR untuk mendeteksi virus Corona. Laboratorium mobile ini telah berstandar WHO (BSL 2 ), mempunyai Biosafety Cabinet Level II A2, dan mencegah virus menginfeksi penguji, dan lain-lain.

Itulah 7 inovasi dari teknologi buatan Indonesia yang diciptakan untuk melawan virus covid-19. Semoga pandemi ini tidak semakin menyebar dan segera berlalu agar seluruh aktivitas kembali normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Written by Nisa