Biaya kuliah online biasanya sering menjadi salah satu hal yang banyak dipertimbangkan oleh calon mahasiswa saat akan melanjutkan studi. Biaya yang cukup mahal dan kondisi perekonomian yang pas-pasan banyak menjadi penghalang seseorang untuk melanjutkan studi.  Belum  lagi bagi para lulusan Sarjana yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan studi namun terbentur waktu. Salah satu soluisnya adalah dengan mengikuti program perkuliahan online. Meskipun pada dasarnya sama memiliki jadwal-jadwal kuliah teretntu tapi bisa dilakukan dimana saja. Terlebih lagi saat ini juga sudah banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas kuliah online yang tanpa biaya alias gratis. Jadi mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti program kuliah tanpa harus mengeluarkan uang. Bagi para mahasiswa yang masih kuliah pun bisa juga memanfaatkan platform kuliah online semacam ini untuk bisa menambah ilmu sehingga bisa menunjang prestasi.

Kuliah Online

Seperti yang sudah kita tahu bahwa di Indonesia ini sebetulnya sudah ada banyak sekali kampus yang menerapkan atau menawarkan program kuliah secara online. Tujuannya untuk memudahkan para mahasiswa terutama yang sudah bekerja untuk bisa tetap mengikuti perkuliahan dengan lebih fleksibel. Biaya kuliah online S1 hingga S2 pun tentunya beragam tergantug dari setiap Universitas. Jadi sebelum memutuskan untuk mendaftar dan mengikuti perkuliahan online ada baiknya untuk mengecek berapa kisaran biaya untuk mengikuti program kuliah ini. Selain itu, terlebih dahulu cari tahu Universitas mana saja yang menawarkan program kuliah secara online ini agar bisa menentukan Universitas mana yang paling sesuai dengan minat. Di Indonesia sendiri ada beberapa Universitas yang sudah memilik program kuliah online, diantaranya adalah;

  • Universitas Mercubuana
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Terbuka
  • Binus University
  • London School of Public Relation
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Pembangunan Jaya
  • Institut Teknologi Bandung

Untuk biaya pendidikannya, tentu saja tidak jauh berbeda dengan biaya pendidikan kelas reguler. Jadi jika kamu ingin mencari berapa biaya perkuliahan online setiap Universitas tersebut bisa langsung cek biayanya di masing-masing situ resminya. Biasanya pihak kampus akan memberikan detail biaya kuliah online maupun reguler pada situs resmi sehingga bisa meyakinkan para calon mahasiswa ketika ingin mendaftar. Yang perlu diketahui adalah kelebihan dan juga kekurangan dari program kuliah online ini. Dengan begitu kamu bisa memantapkan diri untuk mengikuti program kuliah online yang tersedia. Lalu apa saja kelebian dan juga kekurangan dari kuliah online jika dibandingkan dengan kuliah pada umumnya?

Kelebihan:

  1. Kuliah tidak harus dilakukan didalam kelas secara tatap muka, jadi bisa dilakukan dimana saja
  2. Materi dan semua pembelajaran disajikan secara online dan bisa diakses secara online dari mana saja dapat berupa file, dokumen, hingga video. Materi juga dapat dipelajari secara mandiri
  3. Waktu perkuliahan lebih singkat jika dibandingkan dengan sistem perkuliahan biasa.
  4. Mahasiswa bisa lebih bertanggung jawab dengan tugas yang sudah diberikan.

Kekurangan:

  1. Kurangnya interaksi sosial secara langsung.
  2. Jaringan internet bisa sangat mempengaruhi kelancaran proses belajar dan mengajar.
  3. Beberpa mata kuliah tidak bisa direalisasikan dengan kuliah online.
  4. Sikap dan kedisiplinan mahasiswa mempengaruhi proses dan hasil belajar

Jika dirasa sudah benar-benar paham seperti apa kuliah online itu dan juga sudah mengetahui apa saja kekurangannya,  keputusan untuk tetap mengambil program kuliah online bisa diambil. Agar kuliah online bisa berjalan dengan efektif, tentu saja para mahasiswa harus benar-benar memiliki motivasi untuk menjalankan kuliah online ini. Mahasiswa harus bisa untuk membagi waktu dan harus bisa melatih diri sendiri untuk bersikap disiplin. Dengan begitu, hasil kuliah online ini benar-benar bisa memuaskan sehingga tidak akan sia-sia mengeluarkan biaya kuliah yang tidak sedikit ini. Selain itu, mahasiswa juga harus aktif mencari sumber-sumber pengetahuan yang lain untuk mendukung keberhasilan dari kuliah online ini. Bisa melalui platform kuliah secara online yang diberikan gratis untuk siapapun. Ada banyak sekali situs atau platform terbaik untuk kuliah online tanpa biaya dan gratis. Para mahasiswa bisa mendapatkan berbagai materi sesuai dengan bidang dan mempelajarinya secara mandiri.

Salah satu platform yang bisa dicoba dan menawarkan berbagai materi kuliah secara online dan gratis seperti Academic Indonesia dan edX. Banyak sekali materi perkuliahan mulai dari Bisnis dan Manajemen hingga Teknik yang bisa dipelajari sendiri dan gratis. Academic Indonesia berisi berbagai materi perkuliahan dengan bahasa pengantar berbahasa Indonesia dari para instruktur profesional dari berbagai Universitas terbaik Indonesia. Sedangkan edX merupakan platform yang dikelolah oleh Harvard University dengan pengantar berbahasa Inggris tentunya berisi materi perkuliahan online berbagai bidang dari pengajar profesional di seluruh dunia.

Jadi apakah kamu sudah mantap untuk mengikuti program kuliah online ini? Atau masih berfikir apakah kuliha regular atau online yang harus dipilih. Sebelum menentukan pilihan sebaiknya benar-benar mencari informasi yang lengkap dan valid sehingga nantinya kuliah yang ditempuh bisa berjalan dengan baik serta sukses. Jika kamu masih bingung dengan pilihan kampus yang akan menjadi tempat menuntut ilmu, kamu bisa cari tahu banyak informasi mengenai kampus-kampus yang ada di Indonesia secara jelas di Academicindonesia.com. Ada banyak informasi kampus yang bisa membantu menentukan pilihan yang terbaik. Atau jika yang menjadi masalah adalah biaya kuliah online atau biaya kuliah yang kurang bisa dijangkau, ada juga banyak informasi mengenai beasiswa yang akan selalu diupdate di berbagai jenjang pendidikan baik di luar negeri ataupun di dalam negeri.

Written by Nisa