Banyak studi kasus dan hasil penelitian bahwa ikan air tawar merupakan kelompok hewan yang paling terancam punah di dunia. Hilangnya habitat asli akibat polusi air dan penangkapan ikan secara berlebihan jadi faktor terparah yang menghancurkan populasi dari para ikan air tawar.

Ikan ikan yang akan ada di list ini merupakan ikan yang terancam punah. Meski pun banyak upaya konservasi, namun tetap saja sering kali ikan air tawar ini tidak terlindungi dengan baik. Bahkan, jika manusia tetap melakukan hal-hal jahat diatas, populasi ikan air tawar akan menghilang tak bersisa dari bumi.

Berikut list ikan tawar yang terancam punah, selamat membaca.

Moapa Dace

Ikan Moapa Dace diperkirakan saat ini hanya berjumlah sekitar 450 sampai 460 ekor. Habitat asli mereka berada di Sungai Muddy yang sebelumnya adalah Sungai Moapa, yang ada di daerah Nevada, Amerika Serikat. Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu, Moapa Coriacea dan sampai saat ini status dari Moapa Dace adalah terancam punah.

Moapa Dace pertama kali dtiemukan pada tahun 1938 dan pada saat itu kondisi ikan ini belum langka dan tergolong cukup banyak serta populer. Moapa Dace mencapai titik kepopulerannya pada tahun 1963, namun beberapa tahun setelahnya, populasi dari ikan ini mengalami penurunan drastis. Hingga saat ini, Moapa Dace sudah termasuk ikan yang terancam punah dan populasinya belum kunjung pulih.

Padahal pada tahun 1983, ada banyak upaya konservasi guna melestarikan ikan Moapa Dace ini. Namun, upaya upaya tersebut tergolong belum maksimal.

Conasauga Logperch

Conasauga Logperch diperkirakan memiliki populasi yang tergolong sangat sedikit, sampai saat ini diprediksi ikan tersebut hanya berjumlah kurang dari 200 ekor. Mereka hidup di sepanjang Sungai Conasauga di Georgia dan Tennessee, Amerika Serikat.

Ikan Conasauga Logperch sudah dinyatakan statusnya yaitu terancam punah. Ikan yang berasal dari Amerika Utara ini terus diusahakan untuk tetap ada. Beberapa upaya konservasi telah dilakukan dan hingga saat ini masih berlangsung. Kabar baiknya adalah pada tahun 2012 kemarin, para peneliti melepaskan 383 ekor Conasauga Logperch ke alam liar dan ikan-ikan tersebut dinyatakan banyak yang berhasil hidup hingga kini.

Devils Hole Pupfish

Ikan Devils Hole Pupfish hingga saat ini diperkirakan ada 187 ekor dan mereka hidup di Lubang Setan, Ash Meadows, Taman Nasional Death Valley, Nevada, Amerika Serikat. Ikan ini memiliki nama ilmiah yaitu Cyprinodon Diabolis dan statusnya terancam punah.

Devils Hole Pupfish adalah ikan yang lucu dan indah. Bentuknya adalah biru kecil dan ditemukan di danau gua di Lubang Setan. Sejak pertama kali dipantau, Devils Hole Pupfish tidak pernah memiliki populasi lebih dari 553 ekor. Pada tahun 2013 menjadi tahun yang kelam bagi Devils Hole Pupfish, karena jumlah populasi ikan ini menurun drastis dan mencapai titik rendahnya yaitu hanya ada 35 ikan.

Namun dibalik itu semua, ada kabar baik yang bisa kita dapatkan. Pada Oktober 2018 para ilmuwan menyatakan bahwa mereka berhasil menemukan jumlah terbesar sejak 2003, yaitu dengan populasi sebanyak 187 ekor. Para ilmuwan juga menyebutkan bahwa sebagian besar dari mereka adalah usia remaja dan dewasa serta kebanyakan terlihat sehat.

Itulah tiga ikan air tawar yang sekarang sudah langka keberadaannya. Semoga dengan adanya artikel ini kita menjadi lebih sadar untuk terus mencintai lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Baca juga referensi yang biasa menjadi kutipan kami, blogburung. Anda akan dapat ilmu dan wawasan baru bila mau dan rajin membaca artikel-artikel di dalamnya.

Artikel dalam web tersebut membahas semua tentang burung-burung yang ada di dunia ini. Dari Fakta menarik hingga harga burung-burung tersebut. Tunggu apa lagi, langsung saja buka website tersebut.

Written by Nisa