Siapa sih yang tak kenal dengan bahan wolfis? Kain yang menjadi populer belakangan ini sering banget digunakan untuk bahan pembuatan pakaian hijab, gamis yang sesuai syariat, dan juga jilbab. Kualitas jempolan dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau, membuat kain ini banyak diburu oleh kaum hawa.

Sebelum membeli material kain ini, ada baiknya kamu mengetahui karakteristik dan keunggulan kainnya terlebih dahulu.

Yuk langsung saja kita bahas satu per satu.

Karakteristik Kain Wolfis

aminama.com

Mungkin beberapa dari pembaca masih kebingungan, “Sebenarnya gimana sih ciri-ciri dari wolfis itu?”. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu perlu memperhatikan beberapa poin yang kami rangkum dari beberapa sumber di bawah ini.

1. Bahannya Tebal

Jenis wolfis memiliki karakteristik kain yang tebal, tapi beberapa ada juga yang berbahan tipis. Meskipun beberapa jenis wolfis atau yang biasa disebut woolpeach memiliki karakter kain yang cukup tebal, namun akan terasa ringan saat dikenakan.

2. Bahan Tidak Akan Mudah Kusut

Karakteristik selanjutnya yang dapat kamu temui pada kain ini yaitu serat kainnya tidak mudah kusut. Karakter ini sangatlah unik, karena beberapa jenis kain lainnya lebih mudah kusut dan susah untuk dirapikan, sedangkan wolfis berbeda. Dari ini kamu sudah akan mulai mengetahui seperti apa gambaran dari kain jenis ini.

3. Tidak Tembus Pandang

Menurut aminama.com, jenis wolfis sebenarnya ada dua, yang pertama yaitu kualitas standar, sedangkan yang kedua yaitu kualitas premium. Pada kain yang memiliki kualitas premium, serat kain yang dihasilkan lebih rapat. Oleh karenanya menghasilkan sifat tidak tembus pandang atau tidak menerawang. Tentu saja dengan keunggulan ini, jenis wolfis sangat cocok untuk dijadikan hijab.

4. Permukaan Bahannya Tidak Licin

Karakteristik unik dari wolfis selanjutnya yaitu memiliki permukaan bahan yang tidak licin ketika menyentuh kulit. Untuk mengetahui feel-nya, sebaiknya kamu menyentuh permukaan kain langsung.

5. Bahannya Tidak Panas dan Nyaman saat Dikenakan

Apabila kamu tengah mencari gamis ataupun hijab, ada baiknya dicoba dulu pakaiannya. Kain wolfis akan terasa sejuk, tidak panas, dan tentunya nyaman untuk dikenakan. Oleh sebab itulah para perancang busana muslimah banyak yang menjadikan kain ini sebagai hijab maupun gamis untuk aktivitas luar ruangan.

6. Serat Kainnya Lebih Halus dan Rapat

Jenis wolfis memiliki serat kain yang halus dan rapat, sehingga sangat nyaman dan sejuk saat menyentuh permukaan kulit.

7. Mudah Disetrika

Karakteristik kain yang tengan booming ini selanjutnya yaitu sangat mudah untuk disetrika. Tentu dengan keunggulan ini, kita tidak perlu repot-repot lagi dalam hal merapikan pakaian.

Hubungan Bahan Wolfis dengan Jet Black

Bagi muslimah yang suka dengan gaya abaya Timur Tengah, pasti sudah tidak asing dengan istilah jet black ini. Di daerah Timur Tengah, kebanyakan kaum wanitanya lebih memilih kain wolfis berwarna dasar hitam. Kain ini kerap kali dijadikan abaya.

Sedangkan untuk kaum lelaki, biasanya lebih menggemari kain wolfis dengan warna putih. Alasan inilah yang menyebabkan warna kainnya yang sering diekspor adalah warna hitam dan putih. Apabila kamu berkunjung ke daerah Arab, kamu akan banyak sekali menjumpai kain wolfis yang dijadikan set gamis syar’I yang dipadukan dengan cadar serta jilbab yang panjang.

Kaum lelakinya biasanya lebih suka menjadikan jenis kain ini menjadi baju koko.

Perlu kamu ketahui, kain wolfis yang telah tiba di Timur Tengah akan diwarnai kembali dengan teknik celup menggunakan tinta yang pekat berwarna hitam. Bahan ini nantinya akan dijadikan kain Jet Black.
Sejenak mungkin muncul pertanyaan dipikiranmu,” Mengapa kaum wanita di daerah Arab lebih gemar memakai pakaian berwarna hitam?”.

Pada dasarnya kebiasaan ini menyangkut dengan budaya yang ada di Arab. Penduduk Arab mempercayai bahawasanya warna hitam adalah sebuah lambang untuk identitas kaum wanita, sedangkan warna putih untuk kaum lelaki.

Sekian artikel mengenai jenis kain wolfis, semoga bermanfaat.

Written by Nisa