Artikel ini membahas mengenai persamaan dan perbedaan kualitatif dan kuantitatif. Selamat membaca.

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

perbedaan kualitatif dan kuantitatif

pexels.com

Ketika kamu ingin melakukan sebuah penelitian untuk skripsi atau yang lainnya, ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu kualitatif serta kuantitatif. Kedua teknik atau metode ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengumpulkan dana sebagai bahan dari penelitian.

Selain itu, metode yang digunakan akan menunjukkan apakah data bisa dipertanggung jawabkan. Kualitatif dan Kuantitatif memliki banyak perbedaan, namun ada juga beberapa kesamaan dari kedua hal tersebut. Berikut 8 perbedaan kualitatif dan kuantitatif berserta persamaannya.

a. Berdasarkan Sifat Realitas

Penelitian kualitatif lebih berdasarkan pada filsafat postpositivme dan paradigma interpretif. dimana suatu objek tidak dapat ditinjau secara parsial dan harus dipecahkan dalam bentuk variabel.

Sedangkan penelitian kuantitatif lebih berlandaskan pada filsafat positivsme, dimana realitas dipandang sebagai bentuk yang nyata, bisa diamati dengan menggunakan panca indera, bisa dikategorikan baik menurut warna, bentuk, jenis, dan perilaku, dapat diukur dan di diidentifikasi serta tidak berubah.

Dalam hal ini metode ini juga dapat menentukan berapa variabel yang akan digunakan dari objek yang akan diteliti. Setelah itu, dapat juga membuat instrumen untuk melakukan pengukuran.

b. Berdasarkan Hubungan Variabel

Hubungan variabel dalam metode kualitatif adalah timbal balik atau adanya interaksi. Sedangkan pada metode kuantitatif lebih condong ke sebab akibat.

c. Berdasarkan Penggunaanya

Metode kualitatif digunakan jika:

  • Meneliti sejarah perkembangan
  • Memahami perasaan
  • Masalah penelitian belum jelas
  • Memahami makna dibalik data yang terlihat
  • Memahami interaksi sosial
  • Memastikan kebenaran data.

Metode kuantitatif digunakan jika:

  • Ingin menguji jika ada keragu-raguan dalam suatu validitas pengetahuan, produk tertentu ataupun teori tertentu
  • Masalah adalah titik tolak dari penelitian yang sudah jelas
  • Peneliti bermaksud menguji hipotesis penelitian
  • Peneliti ingin mendapatkan informasi yang luas dari populasi
  • Peneliti mendapatkan data yang akurat dari suatu fenomena alam yang dapat diukur
  • Ingin mengetahui adanya pengaruh perlakuan tertentu terhadap perlakuan lainnya.

d. Berdasarkan Segi Perspektifnya

Penelitian kuantitatif menggunakan jenis pendekatan etnik dimana peneliti mengumpulkan data dan menetapkan dahulu konsep yang akan digunakan sebagai variabel yang saling berhubungan melalui teori yang sudah ada.

Variabel tersebut akan dicari dan ditentukan indikator-indikatornya. Indikator yang sudah ditetapkan inilah yang akan dibuat menjadi kuesioner dengan skor dan jawabannya.

Sedangkan penelitian kualitatif menggunakan perspektif emik dimana peneliti mengumpulkan data berupa sebuah cerita yang rinci dari cara informan dan juga diungkapkan apa adanya sesuai dengan pandangan dari informan.

e. Berdasarkan Konsep dan Teorinya

Penelitian kuantitatif lebih bertolak terhadap konsep variabel dimana dari teori yang dipilih akan dicari datanya baik melalui kuesioner untuk pengukuran variabel yang sudah dipilih.

Sedangkan penelitian kualitatif lebih menggali data berupa pandangan dari responden dalam bentuk cerita. Kemudian responden bersama peneliti menafsirkan sehingga menjadi konsep yang ditemukan.

f. Berdasarkan Bentuk Penyajian Data

Data pada penelitian kualitatif disajikan dalam bentuk cerita detail sesuai dengan pandangan dan juga bahasa responden. Sedangkan penelitian kuantitatif datanya data bentuk angka dan tabel.

g. Berdasarkan Analisis Datanya

Analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif diakhiri dengan perhitungan statistik. Sedangkan pada penelitian kualitatif analisis data sudah dilakukan sejak awal terjun ke lokasi untuk mengumpulkan data yakni dengan cara menabung informasi, mengelompokkan, mereduksi hingga interpretasi.

h. Berdasarkan Kesimpulannya

Kesimpulan yang diambil dalam penelitian kuantitatif sepenuhnya diambil oleh peneliti. Proses pengambilannya melalui hasil perhitungan dan juga analisis statistik yang dilakukan.

Sedangkan dalam penelitian kualitatif penelitian dini diambil dari interpretasi data miliki peneliti melalui sebuah pengecekan dan kesepakatan dari subjek penelitian. Pasalnya subjek penelitian inilah yang lebih tepat dalam memberikan penjelasan dari data atau informasi yang sudah diungkapkan.

Peneliti di sini bertugas untuk memberikan suatu penjelasan dari interpretasi yang sudah dibuat, seperti alasan mengapa konsep tersebut yang dipilih.

Perbedaan yang lainnya bisa lihat disini.

Persamaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif

  1. Metode ini sama-sama merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah dalam penelitian.
  2. Memiliki variabel
  3. Memiliki objek dan subjek
  4. Menerapkan metode pengumpulan data yang terbuka dan sistematis sehingga dapat dinilai oleh lain pihak.
  5. Membandingkan data, mencari kesamaan serta perbedaan untuk menentukan suatu pola tertentu pada sebuah data.
  6. Melibatkan kesimpulan yang detail terhadap pengamatan yang empiris menuju ke kesimpulan yang umum.
  7. Menggunakan prosedur yang dilakukan untuk memperoleh analisis penarikan kesimpulan.

Penutup

Itulah artikel mengenai perbedaan dan persamaan metode kualitatif dan kuantitatif. Semoga dapat membantu kamu dalam mengerjakan skripsi ya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Written by CHAIRUNNISA