Halaman Awal Google dan 6 Cara Mendapatkannya

Halaman awal Google adalah dambaan semua internet marketer. Di sana lah sumber pengunjung website anda berasal. Lalu bagaimana cara terbaik untuk berada di halaman pertama Google? Beberapa mungkin berpendapat dengan menerapkan Onpage SEO, membangun backlink, ataupun mengikuti SEO best practices. Jawaban tersebut mungkin benar, namun sebelum berpikir untuk mendapatkan posisi di halaman pertama Google sebaiknya anda memperhatikan 6 hal berikut ini. Mengapa? karena ini lah 6 cara terbaik untuk berada di halaman awal Google. Setiap konsultan SEO dan penyedia Jasa SEO yang profesional pasti menyarankan 6 hal ini.

6 Cara Mendapatkan Halaman Awal Google

Accessibility – Konten yang bahkan tidak bisa diakses tentu tidak akan bisa diindeks oleh Google. Konten-konten yang dilindungi oleh password, yang membutuhkan login untuk membukanya, ataupun private content lainnya dijamin tidak akan bisa ditelusuri oleh crawler mesin pencari.

Content – Inilah bagian terpenting dari website manapun. Isi atau tulisan yang bermanfaat tentu akan lebih suka dibaca oleh pengunjung website. Bahkan cara terbaik untuk membangun link yang berkualitas adalah dengan menciptakan konten yang berkualitas terlebih dahulu. Google sendiri menyarankan agar para webmaster fokus untuk membuta konten yang disukai oleh manusia (red: pembaca) ketimbang mesin. Dan rasanya, berada di halaman awal Google pun percuma jika pengunjung yang datang tidak mendapatkan manfaat dari isi website kita.

Halaman awal google dan cara mendapatkannyaOn Page Basic – Artikel yang berkualitas akan lebih sempurna jika didalamnya diterapkan pula dasar-dasar penulisan yang benar. Penggunaan kata kunci yang tepat, paragraf, heading, judul, dan isi yang relevan adalah cara terbaik yang harus dilakukan untuk berada di halaman awal Google.

User Experience – Kemudahan akses navigasi, isi yang mudah dibaca, ataupun waktu yang dibutuhkan untuk membuka halaman website menjadi bagian penting untuk meningkatkan user experience. Jika pengunjung sudah tertarik dengan website anda, mereka akan rela berlama-lama membaca tulisan-tulisan yang ada. Dan hal tersebut bagus, karena Google menganggap website yang berkualitas berbanding lurus dengan lamanya pengunjung membuka website tersebut.

Marketing – Konten yang bagus akan menjadikan suatu website sebagai alat marketing yang hebat. Ingatlah bahwa dalam konteks bisnis, berada di halaman awal google bisa mendatangkan banyak calon pelanggan. Bukan ide buruk untuk belajar sedikit ilmu marketing lalu diterapkannya pada website anda. Jika konten sudah siap dan anda yakin pengunjung akan terbantu setelah membacanya maka lakukanlah aktivitas marketing untuk memberitahukan situs anda kepada dunia maya.  Kegiatan marketing dan isi konten harus saling mendukung. Jika ingin mengenalkan tulisan tentang Sepeda sebarkanlah ke komunitas pecinta Sepeda. Bukan tidak mungkin para pembaca akan mereferensikan tulisan anda kepada temannya jika tulisan tentang Sepeda yang anda buat memang bermanfaat.

On Page SEO Optimization – Dan ini lah bagian yang harus dilakukan selanjutnya. Optimasikan tulisan anda dengan menerapkan On Page SEO. Alasan kenapa ini dilakukan terakhir adalah karena On Page SEO lebih bersifat membantu crawler mesin pencari. Jika poin 1-5 bertujuan untuk membantu pambaca yang berwujud manusia, poin terakhir ini bertujuan untuk membantu mesin pencari dalam memahami isi tulisan anda.

Itulah tadi 6 cara terbaik untuk berada di halaman awal Google. Jika berminat membaca sumber lain tentang topik ini anda bisa membuka artikel SEOMoz tentang cara terbaik untuk berada di halaman awal Google.


One Response

  1. Aditya
    Aditya October 29, 2012 at 12:00 pm |

    Terima kasih banyak buat sharingnya… link “seomoz” nya top abis… haha… 😀


Leave a Reply