Cara Membuat Bumbu Rendang Padang Asli Bagaimana yah?

Sudah dengar prestasi rendang padang yang menjadi salah satu dari 50 makanan terenak di dunia? dengan relatifitas lidah disetiap pecinta makanan tentu tidak mudah masuk 50 besar. Yang juga membanggakan adalah dengan daya olah mendalam bumbu rendang padang, sajian khas sumatra barat ini juga berhasil menembus 20 besar, tepatnya menempati posisi 11 dalam ranking dunia.

Rendangnya enak… mantap… asli… Anak2ku suka meskipun harus makan minum berkali-kali karena bumbunya pedaaaas… hehehe… Terimakasih…. insyaAllah lain kali pesan lagi… @ Andina M

Lucunya sebelum launching 50 besar masakan terenak didunia tersebut beberapa kali pelanggang kami sering kali menanyakan “cara membuat bumbu rendang padang asli bagaimana yah?” bagaimana yah supaya rendang yang dibuat tetap awet, rasa tetap terjaga dan yang paling penting cukup pedas- maklum rendang padang asli memang identik dengan daya tahan alias ke-awet-annya dan cita rasa pedasnya – bukan? :) .

Nah, sekarang mari kita bahas cara membuat bumbu rendang padang asli ituh..

Ini dia beberapa tips bumbu rendang

bumbu rendang padang

Secara umum bumbu rendang sama saja, kecuali kalau kamu ingin sedikit mencoba coba, namun RAHASIA cara membuat rendang padang asli bukan pada bumbu apa yang kita gunakan, tapi bagaimana memilih bumbu rendang dan seperti apa cara mengolahnya. Coba ikuti checklist yang biasa RendangMia.com lakukan caranya seperti ini:

Santan Kelapa Tua

Pemilihan santan adalah yang paling krusial, bukan saja karena perannya sebagai bumbu utama, tapi juga santan inilah yang melekat pada daging dan meresap kesetiap pori pori daging. Karena itulah pemilihan santan kelapa tua menjadi nilai lebih rendang Mia. Kesimpulannya, sebaik apapun daging yang dipilih, kalau santannya memakai kelapa gongseng sudah pasti tidak akan menghasilkan bumbu rendang padang asli khas tradisional sumatra barat.

Cabai keriting

Pemilihan bumbu rendang yang satu ini juga penting, ngak boleh asal pedas asal banyak cabe, sebiaknya dipilih cabe keriting. Kelebihan cabai keriting ini kamu ngak perlu terlalu banyak jumlahnya tapi sudah cukup pedas. Alhasil kelezatan dan sensasi pedasnya lebih terasa.

Onion Cutting (bawang putih cutting)

Biasa juga disebut bawang putih cutting. Disini proses cara membuat rendang sejalan dengan harga yang kita keluarkan tidak bohong, bukan berarti harus mahal lho, tapi pemilihan bawang putih cutting ini menjanjikan kualitas yang DIJAMIN akan lebih baik nantinya untuk memunculkan rasa si rendang padang asli khas sumatra.

Digiling Sendiri

Sebagai satu kesatuan cara membuat bumbu rendang yang pas dilidah dan lezat dihati :) sebaiknya semua digiling sendiri!. Ia, sendiri, jadi ngak boleh pesan. Kenapa? karena pada tahap awal kamu bisa lebih menyesuaikan cita rasa yang ingin kamu dapatkan, bagaimana mengolah bawang putih cutting, cabai keriting, atau mengolah santan kelapa tua untuk mendapatkan santan yang banyak namun tetap pas untuk disajikan untuk lidah kamu.

Nah, bagaimana jika kamu ingin membuat rendang dalam jumlah besar atau misalnya untuk acara pesta?. Tetap saya sarankan buatlah bumbu rendang sendiri, setidaknya 1 hingga 2 atau 3 kali sehingga bisa menentukan standardnya, kemudian setelah kamu yakin, baru kamu bisa memesan bumbu rendang padang.

Resep cara membuat bumbu rendang padang …

bumbu rendang padang asli

Selamat mencoba :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>