7 Cara Menanam Tanaman Yang Baik Dan Benar – Menanam tanaman merupakan aktivitas yang positif dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Bahkan di masa pandemi ini, jumlah orang yang menanam tanaman di indonesia cenderung meningkat dan kini menjadi tren untuk mengisi waktu luang.

Tentu orang menanam tanaman bukan tanpa sebab, selain untuk mengisi waktu luang juga untuk belar merawat lingkungan sekitar

Walaupun terlihat mudah, dalam menanam tanaman diperlukan teknik khusus agar tanaman nya terawat baik dan tidak cepat layu.

Berikut beberapa cara merawat tanaman yang baik dan benar :

  1. Rutin Memberikan Pupuk
    Penggunaan pupuk dalam tanaman sangat diperlukan, karena pupuk dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tanaman sehingga tanaman pun tumbuh subur serta memberikan hasil yang baik pula.
  2. Mengetahui Seluk Beluk Tanaman
    Tanaman memiliki ciri khas yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Ada tanaman yang cenderung memerlukan cahaya matahari dan ada juga tanaman yang harus di tempat gelap.

Kamu sebagai perawat tanaman harus mengetahui ciri tanamanmu seperti apa.

  1. Siram Tanaman Secara Rutin Dan Terjadwal
    Menyiram tanaman juga wajib apabila kamu menanam tanaman. Rutin lah menyiram tanam melalui jadwal yang telah ditentukan. Misal di pagi hari dan di sore hari.

Usahakan dalam menyiram tanaman jangan sampai tergenang air (over load) karena dapat membuat tanaman mati.

  1. Tentukan Penempatan Tanaman Yang Tepat
    Penempatan disini maksutnya adalah dalam sebuah pot terdapat beberapa komposisi disitu mulai dari pasir,pupuk,tanah,dll. Kamu juga harus mengetahui hal tersebut yang sesuai dengan tanaman kamu.
  2. Cahaya Matahari Wajib Bagi Tanaman
    Selain untuk berfoto sintesis, cahaya matahari juga membawa pengaruh yang baik bagi tanaman karena dapat membuat tanaman cepat tumbuh dan sehat.
    Walaupun sebagian tanaman harus di tempat yang gelap, tetap saja tanaman tersebut membutuhkan cahaya matahari secukupnya.
  3. Perhatikan Perkembangan Tanaman Secara Rutin
    Menanam tanaman bukan berarti hanya sekali tanam lalu loss ditinggal kan begitu saja. Lihatlah perkembangan tanaman secara berkala, apabila ia tumbuh semakin besar, maka hal yang harus dilakukan ialah mengganti pot yang baru lagi.
  4. Perhatikan Kebersihan Pot Tanaman !
    Nah ini yang menjadi faktor penting, lihatlah pot tanaman kamu, apabila kotor seperti ada daun kering, siput,dll segeralah membersihkan nya ! Karena itu dapat menggangu perkembangan tanaman bahkan dapat membuat tanaman menjadi layu alias mati !

Oleh karena itu rutin lah mengecek kebersihan pot tanaman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Itulah beberapa cara merawat tanaman yang baik dan benar.

Semoga melalui artikel ini dapat menambah wawasan kamu di bidang tanaman dan dapat di praktekan di dunia nyata juga tentunya.

Written by AMALIA ZULFAH DANI HARI WIJAYA