Rekomendasi Media Pembelajaran Sekolah Terbaik Di Masa Pandemi Corona-    Di masa pandemi seperti ini membuat para siswa mau tidak mau diharuskan belajar dari rumah. Selain untuk mencegah penyebaran virus Corona, juga diharapkan dapat mengurangi jumlah orang yang terpapar virus Corona.

Tentu saja akibat hal tersebut membuat siswa terkadang tidak akan pembelajaran jarak jauh dan menjadikan siswa sering bolos pelajaran karena tidak terpantau oleh gurunya masing-masing.

Oleh karena itu kali ini saya akan membeberkan beberapa rekomendasi media pembelajaran terbaik di masa pandemi Corona untuk membantu para guru dalam memantau dan memberikan tugas kepada para murid :

1. Google Classroom

Yap, yang pertama ialah Google Classroom. Aplikasi buatan Google ini memang yang paling banyak digunakan hampir di seluruh sekolah yang ada di Indonesia di masa pandemi virus Corona seperti Ini.

Tampilannya yang menarik , hemat penggunaan data, serta simple dalam penggunannya merupakan keunggulan aplikasi Google Classroom ini.

Tetapi terdapat kekurangannya yaitu, ketika siswa login menggunakan akun google untuk memasuki aplikasi classroom, terkadang nama mereka aneh-aneh sehingga menyulitkan pada guru untuk mengecek nama-nama siswa yang telah hadir ataupun mengerjakan tugas.

2. Microsoft Team

Menurut saya , aplikasi Microsoft Team ini yang paling baik diantara aplikasi media pembelajaran yang ada. Kenapa saya bilang begitu ? Karena terdapat beberapa fitur berikut ini :

A. Dapat Melakukan Meeting

Pembelajaran jarak jauh bukan berarti guru tidak dapat mengajar ya ! Walaupun tidak tatap muka, tetap saja Guru dapat memberi materi pembelajaran melalui meeting yang ada di aplikasi Microsoft Team ini.

Dalam meeting tersebut, guru dapat mengatur jam meeting sesuai keinginan guru tersebut. Selain itu, dalam meeting di aplikasi Microsoft Team juga dapat menampung jumlah peserta yang banyak.

Jika guru ingin menampilkan presentasi juga bisa, yaitu dengan cara share screen.

B. Guru Dapat Melihat Siswa Yang Tidak Mengerjakan Tugas

Jika guru ingin menampilkan presentasi juga bisa, yaitu dengan cara share screen.

Dalam meeting aplikasi Microsoft Team juga terdapat fitur Raise Hand yang dapat digunakan ketika siswa ingin bertanya perihal materi yang telah disampaikan.

Jika di aplikasi Google Classroom para guru tidak dapat memantau pekerjaan siswa. Maka berbeda dengan Microsoft Team ini, di fitur Microsoft Team ini Guru dapat melihat/memantau pekerjaan siswa. Bahkan guru juga dapat melihat siswa yang hanya melihat tugasnya saja tetapi tidak dikerjakan.

C. Guru Dapat Mengatur Jadwal Pengumpulan Tugas

Anda sebagai guru tetapi sering kesal melihat murid yang sering mengumpulkan tugas ? Tenang ! Di aplikasi Microsoft Team ini Guru dapat mengatur jadwal pengumpulan tugas sesuai yang telah ditetapkan.

D. Guru Dapat Menilai Hasil Pekerjaan Siswa Dan Memberi Pesan

Ketika guru mengecek pekerjaan siswa, dan guru tersebut melihat hasil kerja yang baik ataupun buruk biasanya guru tersebut hanya berkata dalam hati.

Di aplikasi Microsoft Team ini guru dapat menilai pekerjaan siswa serta memberikan feedback/pesan yang ingin disampaikan.

Contohnya seperti ini :

Siswa mendapatkan nilai 100

Maka guru dapat memberikan pesan/feedback : Luar biasa nilainya, tetap pertahankan !

E. Terdapat Layanan Chatting

Dalam fitur ini memungkinkan siswa/guru berinteraksi secara digital layaknya aplikasi chatting pada umumnya. Jika terdapat siswa yang mengumpulkan tugas terlambat ataupun tidak mengerjakan, maka giri terebut dapat mengirim pesan pribadi melalui aplikasi Microsoft Team ini.

Sumber : Setingkat

Penutup Dan Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan untuk media pembelajaran di masa pandemi Corona.

Kesimpulannya adalah dengan hadirnya aplikasi media pembelajaran ini diharapkan tetap berjalannya sistem pembelajaran di sekolah walaupun tidak tatap muka secara langsung.

Written by AMALIA ZULFAH DANI HARI WIJAYA