Google Adsense Sebagai Aset Digital Yang Berharga

Pernah kah kamu melihat orang yang bisa menghasilkan uang hanya melalui smartphone ataupun layar laptop ? Mungkin bagi sebagian orang tidak percaya karena menurut mereka kerja itu haruslah di dunia nyata yang benar-benar menghasilkan.

Itu merupakan sebuah pemikiran kuno yang harus ditinggalkan mengingat seiring perkembangan zaman membuat kehidupan manusia menjadi mudah termasuk dalam hal menghasilkan uang.

Menghasilkan uang dari internet itu sangat buanyak jenisnya mulai dari digital marketing, jualan toko online, hingga partner dengan google adsense.

Wait, apa itu google adsense ? Baik, saya jelaskan terlebih dahulu ya, jadi Google adsense merupakan sebuah program kemitraan iklan bersama Google. Orang dapat menghasilkan uang dari internet salah satunya ialah dari google adsense.


Google adsense dapat membayar berdasarkan orang yang mengklik iklan dan jumlah tayangan. Walaupun terlihat enak sekali , Google adsense tidak sembarang memilih blog ataupun youtube untuk dapat menjadi mitra mereka.

Google adsense memiliki kualifikasi khusus dan persyaratan agar dapat diterima Google Adsense.

Oh iya, Google adsense saat ini hanya tersedia pada Blog dan Youtube saja.

Berikut persyaratan agar dapat diterima Google Adsense untuk Blog :

  1. Memiliki umur blog minimal 3-6 bulan
  2. Konten original (tidak plagiat) minimal 30 artikel , makin banyak makin bagus
  3. Navigasi blog yang jelas
  4. Terdapat halaman statis seperti (Terms Of Service, Privacy Policy, Disclaimer, About Us, Dan Contact Us)
  5. Trafik organik (berasal dari google) yang sudah harus banyak

Itulah persyaratan agar blog dapat diterima google adsense. Sedangkan untuk persyaratan agar dapat diterima google adsense di youtube, maka kamu harus memiliki :

  1. Minimal 1000 Subscriber
  2. Minimal 4000 jam tayang
  3. Konten video original dan tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh Youtube.

Setelah memiliki kualifikasi tersebut maka selanjutnya apa ?

Apabila kamu sudah ada kualifikasi tersebut maka selanjutnya ialah mengajukan permohonan ke google adsense.

Kamu dapat mengunjungi situs resmi google adsense, lalu mengisi beberapa formulir untuk data seputar website ataupun youtube kamu.

Setelah mengajukan, Google Adsense akan memberikan notif diterima atau tidak melalui Gmail dan membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari. Usahakan saat pengajuan rutinlah membuat konten yang original dan perbanyak pengunjung.

‘’Wah alhamdulillah punya saya diterima Google Adsense”

Bagus, jika kamu telah diterima Google Adsense. Maka langkah selanjutnya ialah memperbanyak pengunjung dan teruslah membuat konten yang baik dan ori. Ingat setelah diterima jangan pernah macam-macam untuk melakukan perbuatan curang karena Google Adsense akan tahu yang dapat mengakibatkan adsense kamu terkena pembatasan iklan atau bahkan di banned.

Oleh karena itu bermainlah secara sehat , insya allah hasilnya akan lebih baik. Google adsense akan mengirimkan pin apabila saldo adsense kamu mencapai ambang batas 10 $ . Pengiriman pin membutuhkan waktu 1 – 5 bulan. Setelah menerima pin, kamu baru bisa menerima gajian apabila saldo di adsense sudah mencapai 100$ atau jika dirupiahkan 1,4 juga rupiah.

Buat kamu yang sudah memenuhi kualifikasi google adsense tetapi tetap saja ditolak, coba diperhatikan lagi kontenmu apakah ada yang melanggar kebijakan atau tidak, jangan menyerah terus mencoba sampai terima.

Itulah pembahasan mengenai google adsense. Di masa pandemi seperti ini Google Adsense menjadi aset digital yang sangat berharga, karena hampir semua bidang terkena dampak , kecuali blog ataupun youtube yang diterima Google Adsense.

Selain itu blog ataupun youtube yang sudah ada adsensenya memiliki harga jual yang sangat tinggi, sehingga dapst menjadi investasi juga sebenarnya.

Written by AMALIA ZULFAH DANI HARI WIJAYA