Maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan, terutamanya organ lambung. Biasanya, orang yang terkena gangguan ini akan mengalami rasa nyeri dan mual pada perut.

Bahkan jika sudah kronis bisa menyebabkan sesak atau rasa tidak nyaman pada dada. Maag bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki hobi telat makan.Namun, sebenarnya ada banyak yang memicu kambuhnya. Berikut penyebab maag kambuh yang harus diketahui.

Faktor Pemicu Penyakit Maag Untuk Kambuh

1. Pola Makan Tidak Teratur

Seperti yang telah diketahui oleh sebagian besar orang, bahwa penyakit maag ini bermula dari kebiasaan makan yang tidak teratur.Sering meninggalkan atau telat konsumsi makanan adalah pemicu kambuhnya gangguan lambung ini. Selain mengganggu proses pencernaan, pola makan berantakan juga akan mengganggu kinerja lambung serta memicu terjadinya peningkatan asam lambung.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka penting bagi penderita penyakit maag ini untuk selalu mengatur pola makannya lebih baik. Mentaati aturan makan, sama artinya dengan menjaga kinerja lambung dan saluran pencernaan menjadi lebih teratur. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memenuhi jadwal makan, agar tidak terjadi produksi asam lambung secara berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Pemicu Asam Lambung Naik

Selain telat makan, adapun faktor yang menjadi penyebab maag kambuh yaitu sering konsumsi makanan yang memicu asam lambung naik.Kudapan yang memiliki rasa terlalu pedas, asam, serta beralkohol mampu menyebabkan asam lambung menjadi tinggi.Dimana, kondisi tersebutlah yang bisa menjadi permulaan kambuhnya penyakit maag.Selain meningkatkan, konsumsi makanan pemicu tersebut juga dapat mengikis dinding lambung.

Agar terhindar dari kondisi ini, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengenali serta mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu asam lambung meningkat.Selain itu, juga perlu mengganti kudapan yang dikonsumsi dengan menu sehat yang dapat membantu mengendalikan asam lambung, serta memberikan dampak yang menyehatkan bagi lambung.

3. Kurang Makan Buah Dan Sayur

Seperti yang telah diketahui bahwa nutrisi sangat dibutuhkan bagi semua organ tubuh, tak terkecuali lambung.Salah satu organ pencernaan tersebut juga memerlukan kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, mineral, serta air.Dimana, semua zat gizi tersebut dapat ditemukan pada buah dan sayuran.Peranan dari nutrisi tersebut dibutuhkan untuk penyembuhan dan melarutkan asam lambung yang tinggi.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi buah dan sayur bisa menjadi penyebab maag kambuh. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Dengan pemenuhan nutrisi yang optimal, maka semua proses yang berjalan pada saluran pencernaan akan berjalan lancar tanpa ada masalah, misalnya saja peningkatan asam lambung.

4. Infeksi Bakteri Di Lambung

Selain dari gaya hidup dan kebiasaan makan, ternyata kambuhnya penyakit maag juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri, seperti Helicobacter pylori. Dimana, bakteri tersebut akan menyerang lapisan dinding lambung, sehingga akan menyebabkan rasa sakit pada bagian perut. Helicobacter pylori ini bisa didapat dari konsumsi makanan atau minuman yang tidak steril.Namun, tak menutup kemungkinan untuk ditularkan dari satu orang ke lainnya.

5. Stres

Kondisi satu ini memang tidak secara langsung dapat menjadi kambuhnya penyakit maag.Namun, stress bisa mempengaruhi kesehatan sehingga dapat memicu terjadinya berbagai jenis penyakit, tak terkecuali penyakit maag. Kondisi psikologis tubuh yang sedang berada pada tingkat stres maupun kecemasan ini, biasanya akan memperburuk keluhan yang terkait dengan gangguan pencernaan.

Kondisi tubuh ketika cemas dan stres, umumnya berkaitan dengan masalah pencernaan.Selain itu, proses penyembuhannya juga ada hubungannya dengan masalah tersebut.Biasanya, keluhan stres dan kecemasan ini dapat berangsur menghilang bila gangguan pencernaan tersebut sembuh, begitu pun sebaliknya.Oleh sebab itu, banyak yang mengaitkan kondisi ini menjadi penyebab maag kambuh.

Sebagian besar menganggap penyakit maag dapat kambuh karena telat makan.Namun sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu kambuhnya penyakit lambung tersebut.Oleh sebab itu, bagi penderita maag penting baginya untuk menjaga pola makan sehat, dengan konsumsi makanan bergizi dan mengurangi makanan pemicu peningkatan asam lambung.Hal tersebut dimaksudkan agar mengantisipasi peningkatan asam lambung.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/

Written by AGUS HAERIL