7+ Universitas Swasta Terbaik di Jawa Tengah Terbaru, Cek Disini

Kampus swasta terbaik di Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang memiliki perguruan tinggi berkualitas. Tidak hanya kampus-kampus negeri, beberapa perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah juga memiliki kualitas yang baik.

Setidaknya, menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN), ada beberapa perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang memiliki kualitas di atas rata-rata.

Sebelum mengetahui beberapa kampus swasta terbaik di Jawa Tengah, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana BAN PT memberikan indikator penilaian pada perguruan tinggi tersebut.

Nah indikator penilaian yang digunakan oleh BAN PT ialah sebagai berikut:

Indikator penilaian Pemeringkatan Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh BAN PT berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, meliputi:

  1. Kinerja Input (15 persen): Dosen pendidikan S3, dosen guru besar/lektor kepala, rasio jumlah mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing, serta jumlah dosen asing.
  2. Proses (25 persen): Akreditasi PT dan prodi, pembelajaran daring, kerja sama universitas, kelengkapan laporan dan laporan keuangan.
  3. Kinerja output (25 persen): Jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian dan mahasiswa, serta jumlah prodi terakreditasi internasional.
  4. Outcome (35 persen): Kinerja inovasi, jumlah mahasiswa diterima bekerja dalam 6 bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian masyarakat.

Nah setelah mengetahui bagaimana indikator penilaian BAN PT dalam menilai perguruan tinggi, berikut beberapa perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah versi BAN PT yang diterbitkan pada Agustus 2019 lalu.

Universitas Swasta Terbaik di Jawa Tengah

1. Universitas Katolik Soegijapranata: peringkat 48 nasional

Universitas Katolik Soegijapranata menempati posisi terbaik pertama perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. Dengan mendapatkan peringkat ke 48 di tingkat nasional.

2. Universitas Dian Nuswantoro: peringkat 51 nasional

Sedangkan peringkat kedua universitas swasta terbaik di Jawa Tengah ditempati oleh Universitas Dian Nuswantoro. Dalam skala nasional, Universitas Dian Nuswantoro menempati posisi 51.

3. Universitas Kristen Satya Wacana: peringkat 54 nasional

Sedangkan di peringkat tiga untuk universitas swasta terbaik di Jawa Tengah ditempati oleh Universitas Kristen Satya Wacana. UKSW di peringkat nasional menempati posisi ke 54.

4. Universitas Islam Sultan Agung: peringkat 61 nasional

Universitas Islam Sultan Agung atau UNNISULA menempati posisi keempat sebagai universitas swasta terbaik di Jawa Tengah. Adapun untuk posisi nasional ia menduduki peringkat ke 61.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Peringkat 63 nasional

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menduduki posisi kelima sebagai universitas swasta terbaik di Jawa Tengah. Di tingkat nasional UMS menduduki peringkat ke 63.

6. Universitas PGRI Semarang: Peringkat 94 nasional

Di posisi keenam untuk universitas swasta terbaik di Jawa Tengah ada Universitas PGRI Semarang. Untuk tingkat nasional PGRI Semarang menduduki peringkat ke 94.

7. Universitas Muhammadiyah Magelang: peringkat 96 nasional

Universitas Muhammadiyah Magelang menduduki posisi ketujuh sebagai universitas swasta terbaik di Jawa Tengah. Di tingkat nasional, Universitas Muhammadiyah Magelang menduduki peringkat ke 96.

8. Universitas Stikubank: peringkat 97 nasional

Di posisi kedelapan, Universitas Stikubank menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah. Adapun untuk tingkat nasional, ia menduduki peringkat ke 97.

Nah itulah deretan universitas swasta terbaik di Jawa Tengah. Untuk universitas terbaik di Jawa Tengah terbaru, kamu bisa membacanya di Jatengpost.com.