6 Tips Kuliah Sambil Kerja: Pendidikan Lancar Karier Cemerlang!

6 Tips Kuliah Sambil Kerja: Pendidikan Lancar Karier Cemerlang!

Kuliah sambil bekerja kini bukanlah hal yang istimewa. Ada banyak mahasiswa yang melakukannya untuk berbagai tujuan, misalnya: untuk cari uang tambahan atau menambah pengalaman.

Meskipun tidak mudah, kuliah sambil bekerja bisa saja kamu lakukan dengan baik. Asalkan kamu bisa membagi waktu dan serius menjalankan keduanya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga agar pekerjaan dan pendidikanmu bisa terus berjalan beriringan. 

Mau tahu apa saja tips kuliah sambil kerja dari kami? Simak di tipsnya bawah ini ya

1. Disiplin Waktu

Kamu yang ingin kehidupan karier dan pendidikan berjalan lancar wajib hukumnya untuk disiplin waktu. Atur jadwal harianmu. Tidak hanya itu, kamu pun harus taat mengikuti agenda tersebut tiap hari. Ingat selalu, sekali melanggar atau tidak sesuai jadwal, agenda kegiatanmu selama sehari bisa kacau balau. 

2. Istirahat yang Cukup

Menjalankan dua peran secara bersamaan pastinya melelahkan. Maka dari itu, kamu butuh istirahat yang cukup. Minimal 8 jam per hari agar tubuhmu tetap sehat. Jika sempat, usahakan juga untuk melakukan power nap atau tidur siang sekitar 15 menit untuk mengistirahatkan tubuhmu.

3. Tentukan Prioritas

Meskipun sudah bertekad menjalankan keduanya dengan sebaik-baiknya. Kamu tetap harus punya prioritas. Hal ini dilakukan hanya untuk berjaga-jaga. Terutama jika kondisimu tidak memungkinkan untuk terus kuliah sambil bekerja. Mana yang akan kamu pilih atau prioritaskan? Pikirkan target masa depanmu ketika menentukan prioritas ya.

4. Jaga Asupan dan pola Makanan

Menjaga asupan makanan sama pentingnya dengan melakukan istirahat yang cukup. Usahakan untuk makan teratur dan bergizi seimbang agar kamu tidak mudah sakit. Perbanyak juga buah dan sayur untuk meningkatkan imun tubuhmu. Jika tidak punya kulkas, kamu bisa beli buah-buahan yang bisa bertahan lama meski tidak disimpan di kulkas. 

Selain akan merepotkan diri sendiri, jika kamu sakit, tentu pekerjaan sekaligus kuliahmu akan kacau. Jadi, sempatkan selalu untuk makan teratur yang bergizi ya.

6. Manfaatkan Hari Libur Sebaik-Baiknya.

Hari libur untuk kamu yang kuliah sambil bekerja tentu sangat berharga. Jadi, ketika hari itu datang, manfaatkan sebaik-baiknya! Jangan lupa untuk tetap mengatur waktu di hari liburmu dengan baik. Sediakan banyak waktu untuk beristirahat-atau bermalas-malasan. Sisanya, kamu bisa melakukan hobimu, jalan-jalan, bertemu teman atau pacar. Ingat, hidup harus seimbang! Kamu pun harus tetap punya kehidupan sosial. 

Dengan memanfaatkan waktu libur sebaik-baiknya, harapannya, tubuh dan pikiranmu dapat siap lagi untuk menjalani kesibukan selanjutnya.

6. Lakukan yang Terbaik!

Tidak ada tips yang lebih baik lagi, selain lakukan yang terbaik! Apalagi jika memang kamu sudah bertekad untuk menjalankan keduanya sampai akhir. Selalu berpikir positif dan terus semangat akan membantumu menjalani kesibukan bekerja dan kuliah dengan baik. 

Itu tadi keenam tips yang bisa membantumu menjalankan pendidikan dan pekerjaan secara bersamaan. Pengalaman dan pencapaianmu sebagai pekerja dan pelajar tentu akan sangat berharga dan harus diabadikan. Kamu bisa memanfaatkan website untuk menyimpan pengalaman sekaligus membagikan hasil karyamu.  

Membuat website tidaklah sulit. Kamu bisa mempelajari sendiri cara membuat website online di internet. Dan buat website yang sesuai dengan keinginan dan bisa juga profesimu. Pastikan juga untuk beli domain dengan harga termurah agar uang saku bulananmu tetap aman. 

Selamat mengikuti tips-tips di atas! Selamat bekerja sambil kuliah! Sukses selalu!