Referensi Sains Indonesia

Tips & Cara Mengatasi anak susah makan Sayuran

cara mengatasi anak susah makan sayuran

Membuat anak Anda makan sayur adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk anak Anda. Sayangnya, anak tidak mau makan. Di sela-sela ekstrem yang berlawanan dengan memaksakan anak Anda dan menyerah sepenuhnya untuk memberinya sayuran, ada cara-cara yang masuk akal dan efektif untuk mengubah anak Anda menjadi mau makan vegetarian yang dekat.

Cara supaya anak mau makan dengan suasana makan yang menyenangkan

1. Hidangkan dengan cara yang menarik

Jangan pernah melakukan kesalahan dengan menyajikan sayuran yang lembek tampak lemas, berbau tidak enak dan rasanya pahit ini yang menjadi penyebab anak susah makan. Sajikan bayam, wortel, atau brokoli dalam kondisi setengah matang dan warna cerah. Misalnya, sajikan brokoli dengan potongan wortel oranye terang untuk daya tarik visual yang memikat

2. Gabungkan sayuran dengan makanan kesukaannya

Ketika anak Anda tidak terpikat dengan makan sejenis sayuran, cobalah sajikan hidangan sehat ini bersama dengan keju favoritnya, mentega atau mayones. Ini adalah cara halus mengkondisikannya untuk mengasosiasikan makanan jenis ini dengan rasa yang lezat. Sehingga anak anda keliatan gemuk berisi. Tips lainnya Cara menggemukan Badan yang susah Gemuk, Apa solusinya?

3. Biarkan anak Anda membantu Anda memasak

Mintalah bantuan anak Anda di dapur dan masak bersama. Dia akan jauh lebih tertarik memakan apa yang dia pikir adalah ciptaannya.

4. Bermain dengan sayuran Anda

Di piring anak Anda, atur brokoli menjadi “halaman” yang dihiasi bunga wortel. Buat pohon-pohon hijau menggunakan hotdog ayam sebagai batang dan selada sebagai daun. Sajikan sayuran menggunakan set piring mainan anak Anda. Jika anak Anda bersenang-senang, ia kemungkinan besar akan makan. Jadilah kreatif dalam cara Anda menyajikan makanan kepada anak Anda. Anak Anda tidak hanya akan lebih bahagia karenanya, tetapi Anda mungkin mendapati bahwa hal itu juga membawa kesenangan dalam persiapan makanan.

Tips cara menangani Anak sulit makan sayuran

1. Kenalkan sayuran sejak dini

Ketika anak-anak Anda masih sangat muda dan makanan pertama yang Anda rasakan adalah buah-buahan manis, mereka akan kesulitan mengenal wortel, kacang polong, atau kacang panjang. Ini membantu untuk memulai dengan makanan sehat terlebih dahulu. Sejak dini, buat mereka untuk menghargai rasa alami.

2. Nikmati dengan mempraktekan makan sayuran sendiri

Jika Anda secara konsisten menunjukkan kegembiraan dan antusiasme ketika Anda makan sayuran hijau, wortel, brokoli, atau kembang kol, perasaan seperti itu akan segera menular ke anak Anda supaya anak mau makan. Tetapi jika Anda hanya menekannya untuk makan sayuran ketika Anda sendiri tidak memakannya dengan penuh semangat, Anda tidak akan berjalan sesuai harapan dan anak Anda mungkin membenci Anda karenanya. Apakah Anda suka memakannya atau tidak, berpura-pura menyukainya bisa menunjukkan nilai memakan makanan ini.

3. Menyelipkan ke dalam hidangan favorit mereka

Menyelipkan sayuran ke dalam hidangan yang sudah dicintai anak Anda. Potong satu atau dua potong wortel, brokoli, kembang kol, atau bayam menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke dalam makanan kenyamanan anak Anda seperti makaroni dan keju, patty burger atau pizza.

4. Selalu sajikan setiap kali makan

Ahli gizi akan memberi tahu Anda bahwa keengganan awal seorang anak terhadap makanan tertentu akan segera ditimpa oleh paparan yang konstan terhadapnya. Oleh karena itu, sajikan kelompok makanan nabati secara teratur dan dalam berbagai cara dan dia akan segera mengembangkan rasa untuk mereka.

5. Ajak teman menyukai makanan jenis ini

Jika Anda memiliki teman yang memiliki anak-anak yang sudah makan sayur, undanglah mereka untuk makan malam agar anak Anda dapat melihat bahwa anak biasa benar-benar dapat menikmati sayuran biasa. Sungguh menakjubkan bagaimana tekanan teman sebaya juga dapat digunakan secara positif untuk membantu anak Anda melakukan hal-hal yang baik bagi mereka. Makan sayuran mereka sangat penting sehingga sangat layak untuk mencoba semua jenis upaya untuk membuatnya bekerja.

6. Jangan sesekali memarahi si anak

Ketika Anda terus-menerus memarahi anak Anda untuk makan sayur, ia akan segera mengasosiasikan sayuran dengan perasaan dan kenangan negatif. Ini sangat kontraproduktif selain menguras emosi Anda berdua. Cukup sajikan sayuran secara teratur, buat setiap waktu makan bahagia dan tunggu saja dia untuk menggigit.

Jangan menyerah pada anak Anda. Seiring waktu, mereka akan berkomitmen untuk makan makanan sehat yang Anda taruh di piring untuk mereka makan. Seiring waktu, usaha Anda akan jauh lebih kecil, dan kesediaan mereka untuk makan apa yang disajikan akan lebih sulit.

Membuat Anak Anda mau Memakan Makanan Bergizi seperti sayuran

Anak-anak tampaknya sangat pilih-pilih ketika makan. Ini adalah dilema yang umum di antara orang tua untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi dan vitamin untuk anak yang tepat. Jika Anda adalah salah satu dari orang tua yang anak-anaknya memiliki masalah gizi, inilah saatnya bagi Anda untuk belajar bagaimana membuat anak-anak Anda menikmati makanan mereka.

Ketika anak-anak tumbuh, Anda terikat untuk menghadapi beberapa tantangan. Anda tidak perlu khawatir, karena hampir semua orangtua menghadapi masalah yang sama. Anak Anda bisa menjadi pemilih makanan, pemakan lambat atau pembenci sayuran. Anda tidak ingin dia menjadi salah satu dari ini. Sebisa mungkin, Anda ingin anak Anda makan makanan apa pun yang Anda taruh di piringnya.

Teknik terbaik dan paling efektif adalah mulai melatih anak saat mereka masih sangat kecil. Anda harus mulai ketika dia masih bayi jika Anda ingin dia tumbuh dengan kebiasaan makan yang baik. Cara terbaik adalah memperkenalkan makanan padat sekitar enam bulan. Ada beberapa produk makanan hebat yang tersedia di pasaran saat ini. Jauh lebih baik jika Anda menyiapkan makanan setengah padat seperti kentang tumbuk, pisang matang tumbuk atau sereal.

Sebagai orang tua, Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah bayi Anda siap untuk makanan padat. Namun, Anda harus sangat sabar selama ini. Sereal dan makanan tumbuk harus memiliki konsistensi yang sama dengan susu. Waspadai kemungkinan alergi. Bayi Anda mungkin memiliki reaksi buruk terhadap makanan ini. Ambillah dengan lambat dan nikmati setiap saat saat makan anak Anda. Anda harus ingat bahwa itu harus menyenangkan baginya.

Pada tahap selanjutnya, anak Anda akan mulai memilih makanan. Jika ia memiliki pengalaman buruk dengan sayuran, mungkin ada kecenderungan untuk menolaknya setiap kali bertemu dengan mereka. Ia mungkin juga mulai makan terlalu lambat atau terlalu cepat. Entah tidak ideal. Anda harus ingat bahwa anak-anak cenderung bermain dengan makanan mereka saat sendirian. Karena itu, mereka harus dibimbing. Sangat penting bahwa anak Anda diberi kesempatan untuk makan bersama seluruh keluarga.

Nutrisi yang baik sering dikompromikan ketika anak berusia sekitar tiga tahun. Pada tahap ini, berhentilah membeli junk food (jika Anda belum melakukannya). Jika junk food tidak tersedia di rumah, anak Anda tidak akan tergoda untuk memakannya.Yuk Kenali Makanan Apa itu Junk Food dan Apa Perbedaanya sama Fast Food. Anak Anda juga akan belajar berpikir dua kali sebelum makan sampah. Anda harus mulai menawarkan camilan bergizi. Ada beberapa yang sudah tersedia di pasar tetapi lebih baik jika Anda menyiapkan makanan ringan sendiri.

Sebagian besar sayuran mengandung vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan anak Anda. Jadi, tidak mungkin ini bisa diabaikan atau tidak dimasukkan dalam makanan. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menjadikannya pengalaman yang menyenangkan dengan menyajikannya dalam porsi yang lebih kecil supaya anak mau makan. Anda juga bisa menyiapkan sayuran dalam bentuk yang unik dan lucu. Sayuran paling baik disajikan saat dikukus karena membantu melestarikan semua nutrisi penting. Buah-buahan juga harus terlibat dalam makanan keluarga.

Nutrisi yang baik tidak sulit, tetapi membutuhkan upaya yang sadar dan konsisten. Perhatikan kebutuhan anak Anda dan berikan respons yang sesuai.