Mengenal Tipe atau Jenis Infografis yang Paling Sering Digunakan

tipe infografis

Dalam beberapa tahun terakhir ini, infografis telah berkembang menjadi alat komunikasi massa. Karena kesederhanaannya untuk merangkum data dan menyajikan dengan visual yang eye catchy, infografis banyak mendapatkan popularitas. Banyaknya tipe infografis membuatnya mudah dimodifikasi dan memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk digunakan dalam berbagai kepentingan.

Infografis dapat memaanfaatkan teks secara minimal dan  mampu untuk manampilkan data, menjelaskan konsep, menyederhanakan presentasi, menunjukkan tren, dan membagikan wawasan yang penting. Penggunaan gambar menarik membuat infografis jadi lebih mudah dipahami. Look dan tata letak infografis  bergantung dari tujuan informtif dan  jenis data yang akan divisualisasikan.

6 Tipe Infografis Paling Sering Digunakan

Dilansir dari jasa kepenulisan artikel Jawarakonten, Berikut kami merangkum beberapa tipe atau jenis infografis yang paling sering digunakan,

1. Infografis Statistik

Jens infografis ini menyajikan data dalam bentuk visual statis tanpa menggunakan audio maupun animasi bergerak. Infografis statis menekankan fokus pada data dengan konsep visual dan tata letak yang menarik dan membantu untuk dapat menyampaikan pesan dengan baik. Ilustrasi yang digunakan biasanya berua icon, gambar, tipografi, dan charts. Infografis statistik ini paling sederhana dan paling banyk digunakan dalam berbagai kepentingan.

2. Infografis lnformasi

Jenis ini ideal untuk mmeberi tinjauan suatu topik atau mengkomunikasikan sebuh konsep dengan jelas. Biasanya, dalam pembuatannya akan dibgai menjadi beberapa bagian tajuk deskriptif. Judul yang deskriptif, nomor pada setiap bagian, dan icon ilustrasi mampu membuat setiap poin yang akan diinformasikan dapat tersampaikan dengan baik. Tipe infografis informasi termasuk paling populer digunakan

3. Infografis Timeline

Infografis timeline merupakan jenis yang sangat sesuai digunakan untuk mengingat dan menghighlight tanggal penting, memberi gambaran mengenai satu peristiwa, termasuk memvisuaisasikan masa lampau. Beberapa data menunjukkan bahwa manusia lebih memahami waktu dengan spasial.

Karena itulah, tata letak seperti infografis timeline dapat membantu menyampaikan pesan melalui kerangka waktu secara lebih jelas. Alat bantu yang digunakan biasanya icon, garis, gambar, dan label untuk menghighlight titik waktu, tentunya dengan ragam warna yang menarik.

4. Infografis Geografis

Sesuai namanya, infografis ini membantu untuk memvisualisasikan data berbasis demografis, lokasi, maupun data dengan jumlah besar. Alat bantu yang digunakan berupa heat map, peta berseri icon, label singkat untuk highlight titik peta, dan font yang rapi. Melalui infografis ini informasi panjang mengenai geografs dan data wilayah dapat tervisualisasikan dengan baik.

5. Infografis Proses

Jenis ini efektif digunakan  untuk memberikan rangkuman mengenai langkah dalam satu proses tertentu. Dengan demikian, setiap langkah yang harus dilakukan dapat disederhanakan dan dikelompokkan dengan menarik. Umumnya visual disajikan dengan aliran kiri  ke kanan atau atas ke bawah dengan karakteristik nomor pada setiap langkahnya. Warna yang menarik beserta alat bantu seperti garis, panah, dan bentuk lain yang dapat memberikan aliran arah agar proses mudah dipahami dengan baik.

6. Infografis Animasi

Disebut juga animated infographics yang banyak ditemui pada media berbasis audio visual seperti youtube dan televisi. Jenis ini umumya disajian dalam bentuk visual dua dimensi maupun tiga dimensi. Konsep perpaduan antara audio dan visual membuat infografis animasi menjadi menarik untuk dilihat. Biasanya, aan ada juga pengisi suara yang akan membuat infomrasi bisa tersampaikan dengan baik.

Di zaman serba canggih seperti sekarang, beragam cara ditemukan untuk mempermudah dan memperindah segala hal, contohnya dengan  tipe infografis di atas. Mengenal beragam jenis infografis tentu menarik dan bermanfaat untuk menyajikan data dengan menarik dan efektif. Semoga bermanfaat!