Teknologi Penghapus Kenangan Ditemukan, Ingin Mencoba?

teknologi penghapus kenangan

Ada suka menonton film Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)? Film tersebut menceritakan tentang teknologi penghapus kenangan untuk seorang sepasang kekasih yang dibintangi oleh Jim Carrey dan juga Kate Winslet, di mana mereka ingin menghapus kenangan di masa lalunya supaya bisa move on dan juga melupakan tentang kisah cinta yang sudah mereka jalani.

Orang pertama yang sudah menghapus kenangannya menggunakan teknologi penghapus kenangan tersebut adalah karakter Clementine yang juga diperankan sangat baik oleh seorang Kate Winslet, dimana dirinya pergi ke suatu daerah yang bernama Lacuna Inc, di tempat itu Clementine berhasil menghapus memori masa lalunya dengan dibantu oleh seperangkat alat teknologi. Saya bukan mau membahas masalah film itu, cuma mau ngingetin tentang mesin penghapus memorinya saja.

Terungkap, alat untuk menghapus kenangan atau memori masa lalu tersebut dapat kita jumpai di dalam dunia nyata, bukan hanya sebatas dongeng ataupun hanya ada dalam film. Hal tersebut juga dibuat oleh seorang ilmuwan berasal dari negara Kanada yang saat sekarang sedang mengembangkan alat penghapus memori itu.

dikutip dari laman Impiangadget.com, alat tersebut juga sengaja dikembangkan untuk membantu seorang pasien PTSD (post-traumatic stress disorder) di dalam hidupnya dengan cara-cara yang dapat menghilangkan sel saraf otak manusia secara genetik. Hal tersebut dimaksudkan guna untuk menghilangkan trauma masa lalu dari pasien itu untuk bisa kembali hidup normal.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode/Mode Gelap WhatsApp Terbaru 2020

Tidak dapat dielakkan lagi, pasien PTSD tersebut jika dibiarkan berlarut-larut pasti akan membahayakan nyawanya sendiri. Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, pengawasan dari orang-orang tersayang, belum lagi obat-obatan yang harus segera dimakan, akan berakibat fatal di kemudian hari. Seandainya kenangan ataupun memori jelek itu benar-benar dapat dihilangkan, seolah-olah kejadian buruk itu tidak pernah kita dialami dan kita dirasakan, tentunya akan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik.

Meski begitu, alat penghapus memori tersebut juga sudah sukses diuji pada sejumlah tikus dan juga siput laut, alat penghapus memori itu masih dalam tahap beta, masih diperlukan ujicoba dan juga penelitian lagi. Otak manusia lebih komplek dan juga lebih sangat beresiko.

Kejadian buruk yang juga menimpa seseorang bisa jadi menjadi pelajaran berharga untuk dirinya. Belajar untuk lebih baik lagi dan juga berkembang ke arah yang positif.

Jika nantinya alat itu benar-benar sudah disempurnakan, bukan hanya pasien PTSD saja yang dapat memakainya, pasien yang juga sudah menjadi pecandu narkoba dan juga alkohol bisa terlepas dari kebiasaan mereka untuk mengkonsumsi narkoba dan juga alkohol tersebut.

Buat barisan para mantan yang juga hatinya tercabik-cabik sampai menjadi gagal move on, bisa juga memakai alat tersebut untuk menghapus kenangan bersama dirinya. Kalau alat penghapus memori tersebut bekerja dengan sangat baik, maka semua kenangan tentangnya akan hilang seketika.

Sesudah menggunakan teknologi penghapus kenangan tersebut, dirinya akan menjadi orang yang benar-benar asing, tidak dikenal sama sekali. Bisa langsung move on deh dan kembali untuk melanjutkan hidup. Nah, yang jadi masalah, kalau kalian kembali jatuh cinta, kemudian patah hati lagi dengan orang yang sama. Jadi teringat tentang Cut Pat Kay “Sejak dulu beginilah cinta, penderitaannya tidak pernah berakhir.”