Secure Parking UI, Kampus World Class University

Secure Parking

Tepat hari Rabu tgl 26 kemarin gue main ke UI karena ada staff Adkesma BEM UI 2017 mau sidang skripsi.

Ternyata UI sekarang makin siap menuju “World Class University”, melihat semua makin berbeda, spekun baru, bop naik dan sekarang UI lagi ngebangun Secure Parking di pintu Utama, Pocin, Kukel dan Kutek. Mungkin emang itu hal yang harus dilakuin untuk menjadi World Class University. wkwk

Entah kenapa isu-isu itu tidak begitu hangat di kalangan mahasiswa atau emang karena gue yang udah gak lagi dikampus.

Pertama, Isu BOP Naik tepat saat daftar ulang mahasiswa baru dan gue melihat ini biasa saja tanggapan mahasiswa atau karena gue aja yang gak dikampus.

Kedua, isu secure parking yang menjadi fasilitas utama bagi mahasiswa terutama yang bawa kendaraan. Kecuali yang bawa pesawat yah haha canda.

Sebelum bahas mengenai secure parking, tahun 2017 gue rapat dengan pihak UI bahas Spekun yang akhirnya seperti yang kalian lihat sekarang ini. Nah spekun ini diperbaharui dengan alasan untuk mengurangi kendaraan yang padat dilingkungan UI. Sehingga UI berencana membuat parkiran besar diluar lingkungan UI (sekitar asrama UI) sehingga mahasiswa masuk kampus dengan menggunakan fasilitas Bikun dan Spekun yang ada.

Ternyata sekarang, UI membangun yang namanya secure parking di setiap pintu masuk UI. (Pintu utama, pocin, kukel, dan kutek).

Jadi rencananya UI akan memperlakukan masuk kampus berbayar dengan kententuan yang sudah ada.

Sebenarnya gue kurang tau baik buruknya dengan adanya secure parking ini. Tetapi yang jadi masalah sekarang adalah pengawalan dan advokasi terkait secure parking apakah emang layak dan memang seharusnya itu perlu dibangun.

Mungkin kalian yang mengikuti akun bem ui, saat ini sudah dilakukan pengawalan terkait isu ini. Tetapi menurut gue, ada yang kurang. Dalam melakukan pengawalan, termasuk hal advokasi fasilitas kampus perlu pendapat dan masukan dari mahasiswa sebagai bahan data dalam melakukan pengawalan isu.

Apalagi kampus kita tidak hanya sendiri, ada kampus PNJ yang ada didalam lingkungan UI. Akan banyak pertimbangan dalam menyikapi isu ini. Dan perlu gerakan kecil sesimpel survey pendapat mahasiswa akan isu ini, apalagi gerakan besar.

Buat mahasiswa UI, kalian harus peka dan setidaknya tahu akan isu-isu yang ada dikampus.Mungkin kalian tidak tahu kalau gaji supir bikun sering telat, tetapi mereka tetap melayani demi kalian gak capek sampe kampus.

Untuk kalian yang terlibat dalam organisasi kampus. Ingat janji kalian, berikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa UI.

Ingat, organisasi kampus menjunjung UI dan Indonesia, bukan Indonesia dan UI.

Mungkin itu aja, sorry gue orangnya to the point. Mungkin lebih berkualitas tulisan kalian dan lebih panjang. Ditunggu kajian dan aksi konkretnya.

Salam,
Jalil

Kebijakan Parkir lama di UI: http://parkir.ui.ac.id/web/
Untuk kebijakan yang secure parkir belum ada sampai saat ini. Karena masih tahap pembangunan. Mari dikawal bersama-sama.

Update tentang secure parking https://suaramahasiswa.com/modernisasi-parkir-kampus-ui-gunakan-sistem-secure-parking/