Referensi Sains Indonesia

Kisah di Balik Lagu Surrender, Lagu Hits yang Tertidur Selama 5 Tahun

Kisah di Balik Lagu Surrender, Lagu Hits yang Tertidur Selama 5 Tahun – Masa-masa PSBB sepertinya memberi banyak berkah kepada banyak penyanyi. Bukan hanya penyanyi dalam negeri saja tapi juga penyanyi-penyanyi mancanegara yang sudah menelurkan karya sejak lama namun baru meledak di pasaran selama masa karantina karena wabah corona atau covid-19. Salah satu lagu yang memiliki nasib serupa adalah karya milik Natalie Taylor yang diproduseri oleh suaminya sendiri, Jon Howard.

Tidak ada yang mengira, lagu yang dibuat pada tahun 2015 ini menjadi hits di masa pandemi ini. Semua berkat para pengguna aplikasi Tik Tok yang membuat cover dari lagu yang penuh kepasrahan dan juga penyesalan ini. Lagu milik Natalie Taylor ini bahkan dikatakan sebagai sleeper hit atau karya yang pada awal perilisannya tidak terlalu berhasil namun menjadi karya yang sukses besar selang beberapa tahun kemudian.

Surrender” menceritakan satu pasangan yang berjuang melalui kesulitan dalam hubungannya. Akan tetapi, pada akhirnya hubungan itu harus berakhir juga. Ternyata, setelah perpisahan tersebut terjadi kehidupan yang dijalani tidak semudah itu. Kekasihnya yang sudah pergi masih dirindukan keberadaannya dan ingin kembali dengan cara si “aku” “menyerah” atau “pasrah”, sebagai mana arti harfiah dari judul lagu ini, akan sifat keras dalam dirinya dan berharap bisa memulai kembali.

Hal yang membuat lagu ini menjadi hits sebenarnya bukan karena lirik lagunya itu sendiri melainkan melodi yang enak untuk dimainkan. Meskipun sebagian besar tertarik karena melodinya yang mendayu, lirik pada lagu tersebut juga akhirnya membuat emosional para pendengarnya. Kalimat pada bagian refrain dari lagu ini, Whenever you ready, whenever you ready/Can we, can we surrender?, sudah banyak digunakan dalam berbagai platform lain untuk berbagai kesempatan.

Mungkin masih banyak yang belum tahu, sebelum kemunculannya di Tik Tok dan merajai musik yang melodinya banyak di-cover, lagu “Surrender” sempat digunakan dalam salah satu film seri drama Amerika yang bertajuk “Jane the Virgin” yang sudah berakhir pada tahun 2019. Lagu ini sendiri muncul di salah satu episode season kedua dan menjadi back sound saat Jane, si tokoh utama, melakukan adegan ciuman dengan Michael.

Terlepas dari kisah masa lalu lagu ini yang tidak disadari keberadaannya lima tahun lalu, lagu ciptaan Natalie Taylor ini kini mampu merajai beberapa platform musik gratis. Lagunya yang sedang naik ini kemudian menaikkan pamor penyanyinya juga. Baru-baru ini, lagu ini sudah memiliki versi remix yang mendapatkan sentuhan lebih kekinian. Versi remix dibuat bersama Martin Jensen. Versi remix lagu ini kini sudah bisa dinikmati juga di berbagai platform berbagi musik.

Melodi dan lirik lagu “Surrender” mampu membuat orang terhanyut. Apalagi jika dibawakan pada momen yang tepat. Membuat kata-kata pada setiap lirik menjadi semakin bermakna. Lirik lagu ini bisa dinikmati di stafaband. Mainkan musiknya dan dendangkan lagunya.