15 Komponen Hardware Komputer Beserta Fungsinya

komponen hardware komputer

Perangkat PC / Komputer maupun Laptop sekarang ini menjadi kebutuhan bagi sebagian orang untuk melakukan kegiatan multimedia, bermain game, sampai melakukan pekerjaan. Biasanya orang-orang IT sudah pada tahu tentang bagian-bagian komputer dan fungsinya. Namun kamu tahu tidak tentang bagian-bagian hardware dari komputer?

Jika belum dan kamu masih awam dalam dunia komputer. Berikut kami buatkan postingan mengenai komponen atau bagian-bagian dari komputer beserta fungsinya.

Bagian Bagian Komputer dan Fungsinya

1. Casing Komputer

Bagian terluar dari perangkat komputer adalah casing, Casing komputer berfungsi untuk melindungi perangkat komputer dari debu dan kotoran. Di dalam casing terdapat banyak sekali komponen-komponen, Seperti, Motherboard, CPU, RAM, VGA, dll

2. CPU / Prosessor

CPU atau Prosessor adalah salah satu komponen terpenting di dalam suatu komputer. Prosessor sendiri bertugas menjadi otak dari komputer dan berfungsi untuk mengatur dan memproses suatu perintah yang masuk dan keluar pada komputer.

3. PC Cooling

Seperti Namanya, PC Cooling merupakan sebuah kipas yang berputar di dalam komputer. Fungsi PC Cooling adalah mendinginkan bagian-bagian komputer yang panas. Seperti pada bagian CPU, Motherboard, RAM, dll

4. Motherboard

Motherboard atau biasa di sebut Mobo adalah papan sirkuit yang nantinya menjadi tempat untuk komponen-komponen komputer lain. Seperti Komponen CPU / Prosessor, RAM, VGA, Harddisk, dll. Fungsi Motherboard sendiri juga sangat penting, Motherboard berfungsi sebagai penghubung Antara komponen komputer satu dengan komponen lain. Misalnya penghubung Antara Power Supply dengan Prosessor.

5. RAM

RAM atau (Random access memory) adalah perangkat penyimpanan data acak sementara. Fungsi RAM untuk menyimpan data proses sementara agar bias diakses cepat oleh CPU.

Contohnya ketika kita sedang membuka aplikai atau game, maka data di dalam aplikasi dan game tersebut akan tersimpan sementara ke dalam RAM.

Jadi semakin besar kapasitas RAM, maka semakin kuat juga untuk di ajak Multitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus.

6. VGA

VGA (Video Graphics Adapter) atau biasa disebut dengan kartu grafis adalah komponen komputer yang bertugas untuk mengolah grafis yang nantinya akan di tampilkan ke monitor. Kartu grafis VGA sendiri mempunyai peran penting bagi para gamer, animator, maupun desainer grafis.

Sebab kegiatan seperti bermain game sampai desain grafis akan memerlukan performa VGA yang tangguh untuk merender gambar yang nantinya di tampilkan ke layar monitor.

7. PSU / POWER SUPPLY

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mensupplai daya ke Motherboard dan akan diteruskan ke komponen-kompone komputer lain.

Power Supply juga menjadi salah satu perangkat paling penting untuk komputer. tanpa adanya Power Supplay, maka daya tidak akan teralirkan dengan baik ke motherboard dan komponen komputer lainya.

8. Harddisk / SSD

Baca Juga : 5 Manfaat Memakai SSD di Komputer dan Laptop

Harddisk atau SSD adalah dua jenis perangkat penyimpanan komputer yang banyak digunakan saat ini. Fungsi perangkat ini adalah untuk menjadi media penyimpanan dari komputer, Sepeti tempat menyimpan data atau file-file penting.

Selain sebagai tempat menyimpan beragam file dan data Harddisk dan SSD juga bisa di jadikan tempat untuk menyimpan system atau OS pada komputer.

9. Optical Disk Drive (CD/DVD-ROM)

Optical Disk Drive atau ODD adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk proses membaca atau menulis data dari CD maupun DVD. Meskipun sudah jarang ditemui di perangkat Komputer dan Notebook terbaru, Tetapi Perangkat ini juga masih banyak digunakan.

10. Mouse

Mouse merupakan input device yang juga penting digunakan di komputer. Dengan adanya Mouse kamu bisa leluasa dalam menggerakkan pointer dan mudah untuk menjalankan komputer.

Seperti jika kamu ingin membuka aplikasi kamu tinggal mengarahkan pointer ke arah shortcut aplikasi lalu tekan dua kali, maka aplikasi tersebut akan terbuka.

11. Keyboard

Keyboard adalah alat yang digunakan untuk menginput data yang berupa angka, huruf, maupun simbol ke komputer. Dengan menggunakan keyboard kamu dapat dengan mudah menulis dan memasukan perintah ke dalam komputer.

12. Sound Card

Selanjutnya ada Sound Card, Fungsi perangkat ini adalah untuk mengolah data audio yang nantinya diolah menjadi bentu suara.

Contoh seperti kita sedang mendengarkan sebuah musik, dengan otomatis data musik tersebut akan diolah oleh Sound Card dan akan di keluarkan dalam bentuk suara.

13. LAN Card

LAN (Local Area Network) Card atau NIC (Network Interface Card), Ethernet Card adalah kartu jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputerke jaringan internet.

Biasanya LAN ini sering digunakan oleh perkantoran untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke jaringan internet lewat kabel LAN.

14. WLAN Card

WLAN Card atau (Wireless LAN Card) adalah alat untuk terhubung dengan internet. WLAN atau biasa disebut juga WIFI Adapter merupakan perangkat yang digunakan untuk berhubungan dengan internet.

Seperti LAN Card yang dingunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Bedanya jika LAN harus menggunakan kabel LAN untuk terhubung dengan internet, sedangkan WLAN tidak memerlukan kabel untuk bias terkoneksi ke internet karena WLAN telah menggunakan teknologi WiFi (Wireless Fidelity).

15. Monitor

Yang terakhir adalah monitor, Monitor adalah sebuah perangkat keras (Hardware) yang berfungsi untuk menampilkan grafis atau gambar dari komputer.
Monitor komputer biasanya bekerja sama dengan VGA untuk menampilkan objek grafis, gambar, maupun video.

Nah itulah tadi beberapa bagian-bagian komponen Hardware yang menyusun perangkat komputer. Jika kamu masih kurang paham dan ada yang ingin ditanyakan sepuar komponen komputer, silakan tuliskan pertanyaan kamu di kolom komentar.

Sumber referensi: https://www.kurniawanid.net/