Furniture Jepara: Sejarah, Produk dan Kelebihannya!

furniture jepara


Bagi penggemar furniture, tentu sudah tidak asing lagi dengan mebel Jepara. Selain terkenal dengan kualitasnya, furniture dari pesisir utara Pulau Jawa ini sudah mendunia. Tak heran jika produknya sudah banyak diekspor ke berbagai negara, baik di benua Asia, Eropa dan Amerika.

Jepara merupakan kota yang berada di Jawa Tengah, berdekatan dengan Kota Demak dan Kota Kudus. Nah, kota ini dikenal dengan sebutan Kota Ukir. Hal ini dikarenakan Jepara memiliki produk furniture yang berkualitas. Bukan hanya terkenal di Indonesia, namun sudah sampai ke Mancanegara.

Lantas, mengapa furniture Jepara begitu diminati? Yuk ketahui sejarah, produk dan kelebihannya!

Sejarah Furniture Jepara

Selain memiliki wisata pantai yang elok dan indah, Jepara juga merupakan tempat kelahiran R.A. Kartini yang terkenal dengan ukiran kayunya yang melegenda. Hal ini dikarenakan belum ada kota lain yang mampu menyaingi berbagai macam mebel dan furniture dari Jepara.

Sejarah furniture Jepara sudah ada sejak zaman Hindu. Dimana kota ini dulunya ramai dikarenakan menjadi pintu gerbang tempat berkomunikasi antara nusantara, Cina dan India.

Pada masa kerajaan islam sedang berjaya di Demak, kota Jepara dijadikan sebagai wilayah perjuangan Sunan Kalijaga untuk mengembangkan dunia seni. Dimana salah satunya yaitu seni ukir.

Seiring waktu, seni ukir di Jepara semakin maju dan berkembang pesat sampai sekarang. Perkembangan ini juga tidak terlepas dari warga Cina yang menetap di wilayah tersebut.

Munculnya Ekspor Furniture Jepara

Pada tahun 1970, seni ukir mebel dan furniture dari Jepara dikenal secara domestik. Hanya saja perkembangannya tidak terlalu banyak, setidaknya sudah bisa membuat pengrajin di Jepara bisa bertahan.

Saat itu, Jepara belum pernah melakukan ekspor. Hal ini dikarenakan Jepara masih tergolong daerah miskin di Jawa Tengah. Namun, pada tahun 1981, Pemerintah daerah berinisiatif untuk belajar ekspor ke Bali. Hal ini tidak lain untuk mengenalkan produk asli Indonesia ke mancanegara.

Selang tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 1984, sudah mulai ada perusahaan yang melakukan ekspor produk furniture dari Jepara. Hal ini yang membuat produk mebel dan furniture dari jepara dikenal hingga benua Asia, Eropa dan Amerika.

furniture jepara

Berdasarkan data diatas, penjualan produk mebel semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jikapun ada penurunan, namun pengrajin dan pengusaha Jepara masih dapat bertahan. Hal ini dikarenakan masih ada penjualan lokal, baik ke daerah Jawa, Bali, Sulawesi, Sumatra dan Kalimantan.

Sejak 2011, Mebel dan Furniture Jepara telah menjadi klaster industri yang sangat dinamis. Dimana Jepara sudah memiliki sekitar 12.000 rumah industri dan 200 eksportir. Setiap pengrajin juga memiliki 5 sampai 15 tukang pengrajin lainnya.

Walaupun saat ini Jepara bukan satu-satunya kota yang memproduksi furniture, namun tidak ada kota yang menandingi Jepara dalam jumlah pengrajin dan pengusaha mebel.

Selain itu, Jepara juga memiliki showroom terpanjang di dunia. Bukan hanya satu showroom, namun banyak showroom yang berderet hingga panjang 20 KM di jalan Senenan – Tahunan – Pecangaan.

Produk Furniture Jepara

furniture jepara

Sampai saat ini, produk dari furniture Jepara sudah banyak dan sangat beragam. Mulai dari Gebyog (penyekat), Meja, Tempat Tidur (Dipan), Lemari, Kursi, hingga barang kerajinan lainnya.

Bagi kalangan menengah keatas, umumnya mereka memilih furniture jenis kursi. Spesifik jenis desainnya yaitu untuk produk kursi makan, kursi kerja, kursi tamu, kursi taman, dan kursi sofa jati. Selain itu, hampir semua memilih ukiran Jepara, hal ini dikarenakan memiliki motif terbaik. Dimana motif-motif favorit pelanggan yaitu motif flora, motif anyaman, dan motif pilin.

Perlu anda ketahui bahwa motif ukir dari Jepara ini merupakan sebuah kearifan lokal, dimana diperoleh dari keseharian masyarakat penduduk setempat. Tak heran jika motif furniture dari kota ini memiliki sesuatu yang unik dan berbeda, sehingga belum ada yang menyaingi bahkan tidak bisa ditiru oleh daerah manapun.

Kelebihan Furniture Jepara

Ada banyak kelebihan yang membuat furniture Jepara menjadi sangat unik dan berbeda. Bagi anda penyuka furniture, kelebihan-kelebihan ini layak dijadikan acuan dalam memilih furniture dalam style dan desain rumah Anda.

1. Material unggulan

Furniture asli Jepara menggunakan bahan berkualitas terbaik sebagai bahan utama materialnya. Kayu jati yang dipakai merupakan kayu jati terbaik terbaik di Indonesia dengan tekstur yang lebih halus dan serat yang tajam, serta memiliki warna yang lebih seragam.

Selain itu, kayu jati memiliki daya tahan yang kuat, membuat mebel Jepara lebih unggulan kualitasnya daripada furniture lainnya. Dengan bahan tersebut, mebel Jepara dapat bertahan dengan baik hingga 20 tahun.

Perlu diketahui bahwa kayu jati dari Indonesia terkenal lebih kokoh dan awet dibandingkan kayu jati dari negara lain. Tak heran jika banyak kolektor yang tertarik untuk mengoleksi mebel Jepara, karena tahan lama hingga puluhan tahun.

Dengan pilihan material terbaik, furniture ini sangat nyaman digunakan karena kokoh dan proporsional. Walaupun harga relatif lebih mahal, namun itu sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

2. Hampir 80% buatan tangan

Uniknya, hampir 80% dari seluruh produksi mebel Jepara merupakan buatan tangan (hand made). Dengan kata lain, hanya 20% saja penggunaan mesin dalam pemprosesan furniture.

Walaupun pada prosesnya sangat sulit dilakukan secara manual. Namun hal ini yang membuat hasil produksinya, baik motif dan desain menjadi lebih teliti. Mulai dari proses pemotongan, penghalusan, pembelahan, hingga proses akhir (finishing) produk furniture.

3. Ukiran yang khas

Dengan memakai kayu jati sebagai bahan material dasar, tidak banyak pengrajin ukir yang mampu membuat ukiran halus dan rumit layaknya pada furniture Jepara. Apalagi ukiran yang dibuat memiliki ciri khas pada setiap style produknya.

Dengan dikerjakan langsung oleh pengrajin (hand made), produk mebel Jepara memiliki ukiran klasik berseni tinggi sekaligus menawan. Bahkan mebel Jepara juga tampak lebih anggung dan hidup, sehingga diincar di pasar lokal hingga mancanegara.

4. Tahan air dan serangan rayap

Hal yang paling dikhawatirkan dari furniture berbahan kayu yaitu ketidaktahanan terhadap air dan serangan serangga seperti rayap. Disinilah kelebihan dari kayu jati pada furniture Jepara yang memiliki kandungan minyak alami, sehingga membuat lebih tahap terhadap air dan juga serangan serangga.

Dengan begitu, anda bisa menempatkan mebel Jepara diluar rumah seperti teras atau taman. Bukan hanya tahan terhadap air, namun kualitas furniture Jepara juga tidak mudah menurun karena cuaca.

5. Terlihat elegan dan berkelas

Semua proses pembuatan furniture dilakukan dengan standar tinggi. Baik dari pemilihan bahan, pemotongan, produksi hingga tahap finishing. Semua dikerjakan dengan baik dan teliti.

Hasilnya? Tentu sangat elegan dan berkualitas terbaik dibandingkan produk furniture lainnya.

Selain itu, warna kayu jati yang sangat natural menjadi unggulan. Hal ini membuat mebel Jepara sangat cantik terutama jika dipadukan dengan gaya interior dan furnitur lainnya. Disinilah keunggulan dari warna kayu jati yang nentral sehingga menyeimbangkan suasana ruangan yang indah.

Jika ruang tamu dilengkapi dengan furnitur Jepara, maka akan tampak elegan dan artistik tanpa terlalu banyak ornamen. Justru dengan begitu terkesan minimalis, hal ini dikarenakan mebel dan furniture Jepara mampu memberikan aksen yang memikat.

Dengan mutu terbaik, mebel Jepara memiliki permukaan yang rata dan tidak bergelombang. Bahkan ruangan akan terkesan mewah dan dijamin membuat anda betah berada dirumah maupun kamar.

6. Memiliki banyak produk

Anda bisa melakukan set rumah dengan menggunakan semua produk mebel Jepara. Mulai dari kursi, lemari, meja rias, dan sebagainya. Bahkan anda bisa menemukan berbagai desain tempat tidur dengan ukiran yang sangat beragam.

Dengan menggunakan semua kombinasi dari furniture Jepara, ruangan akan enak dipandang bahkan terlihat sangat mewah.

7. Mudah ditemukan

Anda tidak perlu khawatir jika ingin membeli produk furniture Jepara. Dengan kemajuan industri furniture dan mebel, Anda bisa menemukan beragam jenis mebel Jepara di kota Anda.

Jika anda tidak menemukan, anda bisa membelinya secara online di marketplace terpercaya. Bahkan sekarang sudah banyak para penjual mebel asli Jepara di internet sehingga semakin mudah bagi Anda yang ingin mengoleksi mebel berkualitas untuk keperluan set rumah atau kamar.